5 Tips Merawat Bunga Agar Tidak Rusak

Bagi kita berkebun merupakan hal yang sangat menyenangkan, merawat tanaman bisa menjadi salah satu hobi yang sangat asik untuk dilakukan. Bayangkan saja, mulai dari beli benih benih bunga, hingga merawatnya sampai tumbuh bunga. Pasti disini akan memiliki kepuasan tersendiri bagi diri kita yang telah sukses dalam merawat salah satu bunga kita. Cara merawat tanaman yang paling efektif tentu menjadi salah satu bagian penting bagi kebun kita bagaimana agar subur dan berbunga wangi. Pasti sangat senang bukan kamu gak perlu repot repot lagi dalam menghiasi rumah anda cukup menggunakan kumpulan bunga.

Tapi bagaimana jika berkebun malah menciptakan rasa stress dan pusing?. Ini sering terjadi kepada beberapa dari kita bagaiamana tidak, setiap kita berkebun sering kali kita mengalami kerusakan atau gagal panen. Makanya kamu wajib tahu bagaimana sih merawat tumbuhan atau tanaman dengan baik dan benar. Simak 7 Tips Merawat Bunga Agar Tidak Rusak

1. Melakukan Teknik Penyiraman Air yang Tepat

Pada dasarnya cara merawat tanaman sangat bergantung pada bagaimana cara kita memberikan air pada tanaman yang kita miliki. Dan tentu seberapa banyak air yang di perlukan oleh tumbuhan yang kita miliki sendiri, karena air yang terlalu banyak juga malah bikin tanaman kita cepat layu dan rusak. Cara paling benar adalah siram tanaman pada waktu malam dan pagi hari dimana ini berguna untuk tanaman mensuply air untuk berhadapan dengan terik matahari. Hindari menyiram tanaman terlalu basah, ini akan berakibat pada pembusukan akar jika terlalu banyak air di dalam nya.

2. Sinar Matahari yang Merata

Cara merawat tanaman yang kedua adalah dengan perhatikan bagaimana tanaman tersebut mendapatkan sinar matahari untuk berfotosintesis. Tanaman sangat membutuhkan sinar matahari sehingga kamu perlu menaruh tanaman di tempat yang tepat dan terkena sinar matahari secara merata.

3. Kontrol Suhu & Kelembaban Panas

Cara merawat tanaman yang ketiga yaitu dengan mengontrol kelembaban dan suhu di sekitar tanaman. Karena bisa saja tanaman di rambati jamur atau lumut di tempat yang lembab sehingga membuat tanaman cepat membusuk dan akhirnya rusak.

4. Antisipasi Hama

Cara merawat tanaman yang keempat adalah bagaimana cara kita melihat dan mengantisipasi hama sejak dini. Mulai dari lalat buah hingga ulat pada daun tanaman kita. anda bisa menggunakan beberapa cara untuk mengusir hama di tanaman kamu ya.

5.  Hindari Pupuk Kimia

Gunakanlah pupuk organik pada tanaman kamu. Cara kelima ini sangat efektif agar tanaman kamu subur dan tetap terawat dengan baik. Dengan pemberian pupuk kimia, tidak hanya memperburuk akar namun akan membunuh tanaman yang kamu rawat loh.

Nah dari kelima tips di atas semoga membantu anda yang sedang mencari cara merawat tanaman atau bunga yang tepat dan tidak cepat rusak. Karena tanaman seperti manusia harus diperhatikan apa yang tanaman butuhkan untuk tumbuh besar dan indah.