Cara Hard Reset HP Vivo untuk Semua Tipe

cara-hard-reset-hp-vivo

Cara Hard Reset HP Vivo – Beberapa tahun belakangan ini Vivo mulai bersinar di pasar Indonesia dengan kemampuan kamera yang luar biasa dan didukung dengan spesifikasi yang mumpuni. Meskipun begitu, tetap saja tidak menutup kemungkinan akan mengalami kendala bila digunakan setiap hari yang akan menjadikan HP mulai lemot ataupun terdapat masalah pada aplikasi yang tidak berjalan dengan semestinya. Untuk mengatasi hal tersebut, Kamu dapat mengatasinya dengan cara hard reset HP Vivo.

Biasanya masalah-masalah yang paling umum terjadi adalah akibat dari penggunaan setiap hari yang akhirnya performa menjadi lambat, mudah hang atau error, touch screen tidak responsif, bootloop, aplikasi tidak berjalan dengan semestinya, dan hal lain sebagainya.

Biasanya cara yang paling ampuh untuk mengatasi HP Vivo adalah dengan cara meresetnya ataupun mengembalikan sistem seperti semula ketika pertama kali dibeli. Reset juga dapat mengatasi lupa pola atau pasword pada ponsel Vivo Kamu.

Maka dari itu, saya akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara hard reset HP yang bisa Kamu gunakan untuk semua tipe. Berikut ulasannya.

Cara Hard Reset HP Vivo untuk Semua Tipe

Ada 2 cara reset HP Vivo yakni dengan cara Hard Reset dan Factory Reset. Sebelum Kamu melakukan kedua cara tersebut, pastikan baterai ponsel Vivo Kamu harus terisi penuh atau minimal 50% supaya ketika mereset HP Vivo akan berjalan dengan lancar. Selain itu, diwajibkan juga untuk membackup semua data yang penting supaya tidak hilang. Bila sudah, simak ulasan berikut ini.

1. Cara Factory Reset HP Vivo

Factory Reset biasanya digunakan bila Kamu masih bisa masuk ke menu Home screen dan dapat mengakses menu setelan. Berikut langkah-langkahnya.

  • Masuk pada menu Settings / Pengaturan di ponsel Vivo Kamu.
  • Lalu cari menu More Settings / Pengaturan lanjutan.
  • Kemudian Kamu pilih menu Backup & Restore / Cadangkan atau Pulihkan.
  • Setelah itu, pilih Factory Data Reset / Kembalikan ke Setelan Pabrik.
  • Nanti akan ada 2 pilihan yaitu Erase All Data (hapus semua data dan settingan) dan Reset All Setting (hanya settingan yang akan direset, untuk file seperti foto tidak terhapus. Nanti pilih salah satu. Tetapi, cara terbaik supaya dapat menyelamatkan file penting adalah dengan melakukan backup terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset.
  • Selanjutnya tekan Reset Phone dan ponsel Vivo akan mereset secara otomatis.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai dan saat dihidupkan ponsel Kamu akan seperti terlahir kembali.

Pada intinya cara factory reset pada HP Vivo ini seperti yang telah diuraikan di atas. Untuk sebagian tipe mungkin ada sedikit perbedaan. Tetapi, pada intinya seperti sama seperti contoh di atas.

2. Cara Hard Reset HP Vivo

Hard reset biasanya digunakan bila Kamu sudah tidak dapat masuk ke menu Home screen dan pengaturan. Misalnya HP Vivo Kamu tidak dapat dibuka karena lupa pasword atau masalah lainnya. Berikut langkah-langkah untuk reset HP Vivo.

  • Matikan terlebih dahulu HP Vivo Kamu.
  • Kemudian tekan dan tahan tombol power + volume bawah secara bersamaan. Tunggu hingga beberapa saat sampai ponsel Vivo Kamu bergetar dan tampil logo android.
  • Setelah itu, Kamu akan masuk ke menu Recovery, gunakan tombol volume untuk untuk navigasi lalu power untuk memilih.
  • Selanjutnya pilih Wipe Data / Factory Reset.
  • Lalu akan muncul tulisan Reboot System Now dan bisa Kamu setujui dengan klik tombol power.
  • Tunggu beberapa saat, ponsel Vivo Kamu akan mereset secara otomatis dengan dilanjutkan restart secara otomatis.
  • Bila sudah, selamat! HP vivo Kamu sudah berhasil direset dan sudah seperti baru lagi.

Begitulah cara untuk mengembalikan HP Vivo seperti saat pertama kali Kamu beli. Cara ini bisa dilakukan ketika Kamu ingin menjual perangkat sehingga data-data pribadi akan benar-benar terhapus. Selain itu, bisa dimanfaatkan bila HP Kamu mulai lemot, error dan lain sebagainya.

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan terkait bagaimana cara hard reset HP Vivo. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Kamu dan terima kasih sudah membaca postingan ini hingga akhir.