Jasa Pembasmi Hama yang Alami

Dalam menjaga kualitas bahan pangan dan papan, masyarakat seringkali dihadapkan dengan masalah hama. Hama menjadi perhatian penting masyarakat karena kerusakan yang ditimbulkannya. Beragam jasa pembasmi hama pun dibentuk dalam berupaya menangani masalah ini. namun, adanya pembasmi hama ini juga menjadi bumerang bagi masyarakat terutama dalam bahan pangan. Untuk melindungi bahan pangan, masyarakat seringkali mengatasinya dengan menyemprotkan bahan pestisida pada tanaman. Padahal, tanaman pangan yang diberi semprotan pestisida akan lebih berbahaya untuk dikonsumsi.

Kemudian, bagaimana caranya agar masyarakat dapat membasmi hama secara alami? Beberapa tanaman diciptakan untuk menjadi pengganti sarang bagi hama-hama tanaman pangan. Beberapa diantaranya adalah bunga kenikir, pohon pepaya, tomat, tembakau dan lain sebagainya. Tanaman-tanaman ini menangkap hama-hama salah satunya dengan membuka kuncupnya yang berisikan nektar untuk memancing hama agar hinggap di tubuhnya. Hama-hama yang terpancing tidak hanya hewan-hewan kecil seperti serangga dan rayap. Akan tetapi juga hama-hama besar seperti tikus sawah dan kecoa.

Rumput vetiver juga merupakan salah satu jasa pembasmi hama yang ampuh. Rumput jenis ini bisa mencegah hama hingga hama-hama terkecil seperti rayap. Rumput ini biasa ditanamkan di halaman rumah. rumput ini akan mencegah hama masuk karena mengandung senyawa nookatone. Senyawa ini dapat mencegah adanya hama berkeliaran di pekarangan rumah. selain itu, tanaman ini memiliki rumput yang cukup tinggi sehingga dapat menahan hama-hama menerobos masuk rumah. rumput ini juga bisa menahan hama sekelas rayap yang kecilnya hampir tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Terakhir,  tumbuhan jasa pembasmi hama yang bisa anda gunakan adalah buah tumbuhan bintaro. Tumbuhan bintaro memiliki buah beracun yang berbentuk bulat kehijauan. Sekilas, buah ini terlihat seperti buah jeruk yang belum matang. Buah Bintaro ini tidak dapat dikonsumsi, namun dapat digunakan sebagai alat pembasmi hama. Penggunaan Buah Bintaro ini bisa dengan cara diekstrak. Ekstrak ini kemudian dibuat semacam semprotan yang nantinya disemprotkan ke daerah-daerah yang sering terlihat hama atau disemprotkan pada hamanya langsung.