Tips MenJelajah Bersama Si Kecil

ausbildungaupair.com – Usia 1-3 tahun merupakan usia penting untuk si Kecil dalam masa tumbuh kembangnya. Pada usia ini si Kecil mulai aktif menjelajah dan mulai beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Itulah mengapa liburan penuh petualangan penting bagi si Kecil. Selain untuk melatih kemampuan motoriknya, petualangan mengenal hal-hal baru juga akan mengasah otaknya. Di kala liburan, suasana relaks yang dirasakan orangtua akan memengaruhi mood anak menjadi positif.

Hal ini tentu saja sangat baik bagi perkembangan psikis si Kecil. Ia pun merasa lebih nyaman untuk berinteraksi lebih dekat lagi dengan Ibu dan Ayahnya. Berikut ini info jenis liburan bersama si Kecil, yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga menstimulasi pertumbuhannya.

Penjelajahan Anak di Lingkungan Sekitar

Menjelajah Alam: Sejak usia 1 tahun, si Kecil mulai bisa mengenali benda maupun makhluk hidup di sekitarnya. Si Kecil dapat belajar mengenai hal baru dengan berlibur ke pantai, gunung, ataupun daerah pedesaan. Ibu dapat mengenalkan si Kecil terhadap hewan – hewan yang ada, seperti kupu-kupu, kuda, kerang, burung. Selain untuk men stimulasi otak, juga bisa melatih indra peraba dan motoriknya dengan cara membiarkan si Kecil menyentuh pasir, tumbuhan yang ada, atau bermain air di pantai.

Menjelajah Dunia Satwa: Salah satu cara untuk mengajarkan kasih sayang kepada si Kecil adalah dengan mengenalkannya pada hewan. Ibu bisa mengajaknya ke kebun binatang atau ke akuarium umum. Si Kecil bisa langsung mempraktikkan kasih sayangnya di area baby zoo dengan membelai dan memberi makan hewan di sana. Selain itu Ibu juga bisa mengajarkan tentang jenis-jenis hewan dan juga warnanya.

Menjelajah di Rumah: Petualangan tidak harus dilakukan dengan jalan-jalan ke luar rumah atau ke luar kota, sebab di rumah pun Ibu bisa bersenang-senang dengan si Kecil. Buatlah permainan seru dengan si Kecil, seperti mencari harta karun. Gam barlah denah lokasi tempat menyembunyikan mainan atau Ibu bisa menaruh makanan kesukaan si Kecil di situ. Sebelum mendapatkannya ajak si Kecil mencari benda-benda dengan bentuk tertentu, seperti bulat itu bola, kotak itu meja dan sebagainya. Permainan ini dapat meningkatkan pengetahuan kognitif, mem perbanyak perbendaharaan kata, dan me ngasah motorik kasar.