6 Upaya Pemerintah Perihal Keselamatan di Jalan

Upaya Agar Selamat di Jalan

  1. Pendidikan keselamatan bagi anak di sekolah. Telah diluncurkan Modul “Pendidikan Keselamatan Bagi Anak usia 3 hingga 18 tahun”. Cara penyampaian materi berbeda di setiap tahapan usia. Pada anak usia dini, misalnya, materi disampaikan melalui permainan. Sementara untuk anak-anak usia sekolah, materi lebih menekankan pada pemahaman aturan dengan pembelajaran yang interaktif. Diharapkan modul ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memberikan pengetahuan tata cara berkeselamatan di jalan.
  2. Membentuk Komunitas Masyarakat Sadar Keselamatan (KMSK). KMSK dibuat secara swadaya atau swadana untuk membantu menyampaikan pesan-pesan keselamatan di jalan pada anak maupun masyarakat. Saat ini sudah terbentuk 25 KMSK di berbagai provinsi.
  3. Pemilihan pelajar pelopor/duta keselamatan. Pelajar pelopor/duta keselamatan dipilih melalui kompetisi. Mereka diharapkan lebih memiliki motivasi untuk peduli dengan keselamatan sehingga dapat memotivasi teman-teman dan keluarganya.
  4. Pelatihan bagi guru PAUD hingga SMA. Untuk para guru selain sosialisasi tentang keselamatan, juga diadakan perlombaan karya tulis berhadiah demi memotivasi mereka mengembangkan kreativitasnya.
  5. Zona Selamat Sekolah (ZoSS). ZoSS adalah zona kecepatan berbasis waktu yang dapat mengatur kecepatan kendaraan di area sekolah. Rekayasa pada lalu lintas pun digunakan demi keseleamtan bersama terutama untuk anak sekolah. Seperti, tanda batas kecepatan di area sekolah, marka jalan yang diberi warna merah dengan tulisan “ Zona Selamat Sekolah “. Zona tersebut bertujuan untuk mengingatkan para pengemudi untuk mengurangi kecepatan di jam jam sekolah. Tidak hanya pengemudi, anak anak dan masyarakat diajarkan menyeberang dengan memanfaatkan fasilitas menyeberang yang seharusnya dan dengan cara yang benar agar selamat. Melalui ZoSS, masyarakat termasuk anak anak diajarkan melakukan kegiatan berkeselamatan di jalan.
  6. Taman Edukasi Lalu Lintas. Wahana luar ruang ini memiliki unsur permainan yang fun. Di sini anak-anak dapat belajar sambil bermain tentang berkeselamatan di jalan dengan menggunakan fasilitas jalan yang sebenarnya dalam bentuk miniatur sesuai kelompok usianya.

Keselamatan di Jalan dimulai dari kesadaran diri sendiri tentunya. Meskipun hal yang terkadang tidak diinginkan bisa terjadi alangkah baiknya mematuhi dan mentaati peraturan rambu lalu lintas yang telah dibuat demi keselamatan bersama. Disamping hal itu juga pendidikan anak juga sangat penting , terutama untuk anak yang akan mengikuti tes TOEFL berikut ini adalah informasi lebih mengenai tes tersebut “ http://pascal-edu.com/toefl-ibt/ “ sehingga anak bisa mendapatkan skor yang terbaik.