Contoh Teks Eksplanasi Tentang Terjadinya Banjir

Teks eksplanasi adalah teks yang menggambarkan proses sebab dan akibat dari peristiwa atau fenomena tertentu seperti fenomena alam atau fenomena sosial. Teks eksplanasi ditandai dengan 3 bagian utama, yaitu deklarasi umum, penjelasan dan penyertaan atau kesimpulan. Sekarang, setelah membahas beberapa contoh teks eksplanasi dari fenomena alam seperti gunung meletus , pelangi, gempa bumi dan hujan asam, pada kesempatan ini kita akan membahas contoh lain dari teks eksplanasi tentang penjelasan terjadinya banjir

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Terjadinya Banjir

Kita tahu bahwa di Indonesia sangat sering ada fenomena alam yaitu banjir, terutama saat musim hujan. Banjir disebut bencana alam karena fenomena alam ini sangat berbahaya bagi masyarakat. banjir yang sama dapat diartikan sebagai kurangnya atau kapasitas yang tidak memadai dari sungai, danau, saluran air atau saluran air lainnya untuk mengatasi jumlah besar debit air. Karena itu, air akan meluap dan masuk ke lingkungan sekitar.

Umumnya orang yang tinggal di kota padat akan menempati tempat yang tidak boleh dihuni, salah satunya adalah bantaran sungai. Karena banyak orang yang tinggal di sana, kapasitas sungai itu sendiri akan berkurang, dikombinasikan dengan perilaku limbah yang semakin memperburuk situasi. Hasilnya juga akan berdampak pada masyarakat itu sendiri, khususnya lingkungan akan banjir.

Ada dua faktor yang memicu banjir, yaitu faktor alam dan faktor sosial. Faktor alam, khususnya banjir yang disebabkan oleh faktor alam. Alam akan menghasilkan hujan lebat yang terjadi dalam waktu yang lama, sehingga daerah seperti sungai, danau dan daerah cadangan lainnya akan meluap karena tidak dapat menampung kapasitas air yang masuk. Selanjutnya, air akan mengalir ke daerah sekitarnya, termasuk warga sekitarnya. Selain itu, ada juga banjir lahar dingin yang disebabkan oleh letusan gunung berapi.

Faktor kedua adalah faktor sosial. Faktor sosial ini sering menjadi penyebab banjir baru-baru ini. Ini terjadi karena kebiasaan manusia yang merusak alam. Yang paling terlihat adalah perilaku orang yang sering kotor, bahkan di sungai. Selain itu, pembangunan daerah aliran sungai juga menyebabkan banjir.

Keterbatasan permukaan sungai dan hilangnya daerah tangkapan air akan menyebabkan kekacauan semua proses yang harus dilakukan dengan benar, seperti sungai yang menyempit karena tumpukan sampah yang besar yang mengakibatkan kapasitas sungai kecil dan juga hilangnya tangkapan akan mempersulit air hujan untuk masuk ke tanah. Akibatnya, semua air akan masuk ke daerah pemukiman dan banjir akan terjadi.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat menarik kesimpulan, bahwa bencana banjir itu bukan hanya karena faktor alam, tetapi masih ada faktor sosial di mana manusia menjadi biang keladinya. Karena alasan ini, kita tidak hanya harus menyalahkan alam, tetapi kita juga harus mengoreksi kita masing-masing yang sebenarnya menyebabkan bencana.

Demikanlah pembahasan tentang teks eksplanasi teradinya banjir, semoga bermanfaat. Terima kasih !

Sumber : https://rumusrumus.com