Syarat Sholat Tahajud dan Jumlah Rakaat Sholat Tahajud

Syarat Sholat Tahajud dan Jumlah Rakaat Sholat Tahajud

Dengan semakin berkembangnya dakwah sunah yang berlandaskan ilmu dari al quran dan assunnah, ternyata banyak membuka kesadaran kaum muslimin akan pentingnya ilmu agama yang benar dan shahih, hal ini berdampak kepada amalan sesorang yang semakin rajin dan istiqomah, tentu ini adalah kabar baik dan kabar gembira bagi kita.

Permasalahan agama yang  kita jumpai di tengah umat ini beragam, dan lebih banyak permasalahan menyangkut amalan yang tidak dilandaskan kepada al quran dan assunnah, sehingga manusia cenderung terjerumus kepada amalan bid’ah, yaitu amalan yang tidak ada contoh dan anjuran dari Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wassalam. Tapi perlahan-lahan namun pasti amalan yang tidak ada tuntunannya tersebut mulai di tinggalkan.

Semakin mengerti seseorang dalam ilmu agama maka semakin giat lagi dalam beramal, salah satu contohnya adalah mereka giat dan rutin dalam mengamalkan amalan sunnah seperti sholat tahajud, tapi apakah kita tahu ada syarat sholat tahajud sehingga sholat sunah yang kita laksanakan di malam hari layak di sebut sebagai sholat tahajud dan bukan hanya sebagai sholat malam biasa atau qiyam lail saja.

Syarat Sholat Tahajud

Salah satu syarat sholat tahajud adalah kita diharuskan tidur terlebih dahulu sebelum sholat malam, jiaka sholat sunnah malam kita tidak di dahului dengan tidur maka itu bukan sholat tahajud tapi sholat malam biasa, yang pahalanya lebih kecil dari sholat tahajud. Inilah yang dilakukan oleh nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wasalam, Beliau bangun di malam hari untuk melaksanakan sholat tahajud dan sholat witir.

Tapi kalau kita khawatir tidak bisa bangun di sepertiga malam terakhir maka bisa kita mencontoh sahabat Abu Bakar Radhiallahu anhum yang sebelum tidur beliau melakukan sholat witir 3 rakaat, dan ini hanya sebagai sikap kehati-hatian karena khawatir tidak bisa bangun di malam hari untuk melaksanakan sholat tahajud, tapi pada intinya beliau meniatkan untuk bangun di sepertiga malam terakhir untuksholat sunah.

Berapa Jumlah Rakaat Sholat Tahajud

Untuk pertanyaan berapa rakaat sholat tahajud adalah tidak terbatas dengan di mulai dari 2 rakaat, lalu 2 rakaat lagi terus sampai kita puas atau sekehendak kita, tapi dengan aturan dua rakaat sekali salam, jadi jumlah rakaat sholat tahajud adalah minimal 2 rakaat dan maksimalnya tidak terbatas.

Karena Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wasalam tidakmembatasi jumlah rakaatnya, hanya mengabarkan bahwa sholat sunah itu dua rakaat dua rakaat, yang berarti dua rakaat salam.

Jika kita sekarang sedang belajar agama islam secara syari, ada baiknya untuk merutinkan sholat tahajud ini, karena ini adalah sholat yang keutamaannya banyak sekali dan sholat ini hanya dilakukan oleh orang sholeh saja yang mendapatkan taufq serta hidayahnya.