Pola Asuh Anak : siapa bilang mengasuh anak down syndrome itu susah?

pola asuh anak

Pola asuh anak down syndrome memang memiliki tingkat kesabaran dan ketelatenan yang cukup tinggi. Pasti semua orang tidak akan mau memiliki keturunan yang memiliki kelainan mental seperti down syndrome. Banyak orangtua yang mengeluh betapa sulit mengasuh anaknya yang memiliki keterbelakangan mental. Bersabar saja, toh semua yang terjadi di dunia ini pasti ada hikmahnya.

Sekarang kita harus sadar betapa pentingnya mengerti dan memahami pola asuh anak down syndrome agar kedepannya kita lebih siap mental dan tidak merasa kesulitan dalam mengasuhnya. Kita tahu bahwa anak dengan kelainan mental harus mendapatkan perlakuan khusus untuk menghadapinya. Maka dari itu, mari kita pelajari pola asuh anak down syndrome yang baik dan benar sebagai berikut :

  1. Memahamai informasi seputar perkembangan fisik dan mental anak

Sebagai orangtua tentunya haus up to date tentang tumbuh kembang anak dari berat dan tinggi badan, sampai sikap anak terhadap sekitar.

  1. Memberikan kasih sayang yang lebih besar

Anak yang memiliki keterbelakangan mental membutuhkan kasih sayang dan perhatian yang lebih besar daripada anak normal. Maka dari itu, orangtua harus pintar membagi kasih sayang pada setiap anaknya.

  1. Pola asuh anak dengan mengenali minat dan bakat si kecil

Sedari kecil kita harus tau apa sih hal-hal yang disukai anak kita, agar tidak melakukan kesalahan dalam memperlakukannya dengan anak lain.

  1. Konsisten dalam memperlakukannya

Kita harus selalu menjaga sikap yang kita tujukkan kepada si kecil. Karena mereka dapat merasakan perubahan sekecil apapun pada perlakuan kita terhadap mereka. jadi harus konsisten ya.

  1. Mencarikan sekolah yang tepat untuknya

Sekolah merupakan tempat kedua dimana anak belajar untuk mendapatkan pendidikan. Orangtua harus pandai memilih dan memilah manakah sekolah yang dapat memperlakukan anak kita dengan baik dan memberikan kemajuan tumbuh kembangnya.

  1. Membangun komunikasi dengan kalimat pendek

Jelaskan segala sesuatu dengan kata singkat yang terperinci dan mudah dipahami oleh si anak. karena daya tangkap mereka tidak seperti anak normal lainnya.

  1. Mengembangkan hubungan yang menyenangkan dan kreatif

Bangun keharmonisan hubungan antara orangtua dan anak dengan melakukan hal-hal yang kreatif dan menyenangkan.

  1. Mengajarkan anak untuk tidak takut dunia luar

Mengajarkan anak tentang dunia luar, tentang sekolah, teman, tetangga, dll. Agar dia paham dan tahu kalau dunia yang ia tempati tidak hanya berkutat didalam rumah mereka saja.

  1. Mengunjungi dokter dengan rutin

Rajin konsultasi mengenai keadaan anak dengan dokter spesialis, untuk kepentingan pertumbuhan fisik dan mentalnya

Itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan dalam pola asuh anak down syndrome. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.