Cara Melihat Tipe Laptop

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat tipe laptop yang kamu miliki atau baru kamu beli.

Penasaran kan, bagaimana caranya? Simak di bawah ini yuk!

Cara Melihat Tipe Laptop

Melalui DXDIAG

Secara umum, banyak orang yang melakukan pengecekan melalui DXDIAG.

DXDIAG sendiri adalah sebuah aplikasi pengecek sistem yang biasanya dimanfaatkan untuk mengetahui spesifikasi PC atau laptop. Contohnya saja seperti RAM, Processor, VGA, hingga tipe BIOS yang dimiliki.

Di sini biasanya juga akan memuat informasi tentang merk dan juga tipe laptop meskipun terkadang masih ada yang kurang lengkap, namun setidaknya kamu masih bisa mengetahui gambaran mengenai tipe laptop uang kamu gunakan ya.

Berikut adalah cara menggunakannya :

  1. Pertama klik Start > Run > ketik DXDIAG. Atau kamu juga bisa menekan tombol Windows + R kemudian ketikkan DXDIAG.
  2. Lalu pilih System Manufacture dan System Model. Kamu bisa melihat tipe dan merk dari laptop yang kamu gunakan di bagian ini.

 

Melalui System Information

Cara yang kedua ini tidak begitu berbeda dengan cara yang pertama, kamu bisa melihat berbagai informasi mengenai laptop yang kamu miliki, hanya saja perbedaannya terdapat pada informasi yang diberikan oleh cara ini lebih spesifik dan lengkap dibandingkan dengan cara pertama.

Misalnya saja informasi mengenai spek, tipe laptop, hingga tipe komponen yang digunakan laptop juga tidak luput dari pandangan kamu nantinya.

Berikut ini adalah cara menggunakannya :

  1. Pertama klik Start > ketik System Information.
  2. Lalu kamu bisa melihatnya di bagian System Model.

 

Melalui BIOS

BIOS adalah sebuah system yang sudah lebih dulu dibuat oleh produsen setiap laptop, sebelum laptop tersebut dirilis, kamu tidak usah terlalu memikirkan hal ini karena BIOS akan terlihat saat laptop bari dinyalakan, tepatnya sebelum laptop masuk ke windows dan biasanya akan muncul sebuah logi dan merek. Dan sinilah yang dinamakan BIOS.

Sementara itu untuk mengetahui tipe laptop melalui BIOS yakni dengan menyalakan laptop > Saat tampilan BIOS muncul kamu bisa menekan tombol F1/ F2/ F8/ F11/ F12/ Del/ Esc.

Wajib untuk kamu ketahui ya, tombol untuk melihat BIOS ini biasanya berbeda beda dan semua tergantung pada merk dari merek laptop yang kamu gunakan. Kamu bisa melihat di tampilan BIOS, tombol mana yang digunakan untuk dapat masuk ke BIOS.

Dan apabila kamu sudah masuk maka cari bagian System Information mau pun sejenisnya, di sinilah kamu bisa mengetahui tipe mau pun model laptop kamu.

 

Jadi sekarang sudah tahu kan, tipe laptop kamu?