4 Tips Merawat Kebaya Agar Awet dan Tahan Lama

tips merawat kebaya

Tips Merawat Kebaya – Kebaya adalah pakaian tradisional yang dimiliki hampir semua wanita di Indonesia. Busana kebaya banyak dipilih wanita sebagai pilihan busana untuk menghadiri acara-acara resmi seperti pesta, wisuda, pernikahan, upacara dan acara-acara resmi lainnya. Kebaya merupakan salah satu busana lama, yang sampai sekarang masih ada dan banyak digunakan oleh wanita di Indonesia. Tentu saja kebaya zaman kuno memiliki perbedaan yang signifikan dengan kebaya modern saat ini, berbeda dalam hal bahan, pola, bentuk, aksesoris dan hal lainnya.

Jika kebaya tempo dulu, kesan pertama yang muncul sangat sederhana karena minimnya hiasan atau aksesori, atau bisa dikatakan tidak mengisi. Tapi kebaya modern yang sekarang begitu beragam dan menarik, baik dari segi pola dan bentuk, serta terkesan elegan dan memiliki banyak aksesoris seperti manik-manik atau payet yang menambah nilai estetika busana kebaya.

Nah untuk Anda yang mempunyai kebaya bagus dan memiliki banyak aksesoris, pasti perlu perawatan ekstra agar kebaya Anda lebih awet. Di sini saya akan memberikan beberapa tips tentang cara merawat kebaya agar tetap terjaga. Mulai dari cara mencuci, menyeterika, menjemur, dan lainnya. Perhatikan juga jenis kebaya yang Anda miliki. Apakah terbuat dari sutra, katun, satin, atau sebaliknya.

Jadi, hal pertama, ketahui dulu bahan kebaya milik Anda ya.

tips baju kebaya agar awet

1. Cucilah Kebaya dengan Benar

Mencuci kebaya bisa dilakukan jika kebaya memang sudah kotor atau terkena noda, atau sudah bau karena keringat. Jika belum ada tanda-tanda seperti disebutkan diatas, kebaya belum perlu dicuci. Cukup diangin-anginkan saja. Setelah benar-benar kering baru dimasukkan lagi kedalam lemari. Namun jika Anda merasa lebih nyaman dengan mencucinya, meskipun belum kotor atau bau, bisa saja Anda lakukan. Cukup rendam dengan air sabun, tidak perlu dikucek. Lalu ganti rendam dengan softener, kemudian angin-anginkan sampai benar-benar kering sebelum disimpan ke dalam lemari.

Saat mencuci, hindari menggunakan mesin cuci dan deterjen yang mengandung pemutih pakaian, dan juga hindari softener yang mengandung wax agar pakaian tidak kusut dan rusak. Jangan juga mengucek terlalu keras.

2. Tips Merawat Kebaya – Jemurlah dengan Benar

Jangan menjemur kebaya dibawah sinar matahari langsung, cukup gantung dan diangin-anginkan saja. Selain itu, saat menjemur, usahakan dibalik. Untuk model kebaya yang terbuat dari bahan tipis seperti tulle dan lace agar lebih berhati-hati agar tidak mudah sobek.

3. Tips Merawat Kebaya – Menyetrika Kebaya

Karena kebanyakan kebaya berbahan tipis dan terdapat aksesoris, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat menyetrika kebaya. Yang pertama jangan menyetrika dengan suhu tinggi, gunakan suhu sedang agar kebaya Anda tidak kusut dan rusak.

Yang kedua, lapisi dengan selembar kain untuk menjaga suhu agar tidak terlalu panas.

4. Menyimpan Kebaya

Berikutnya, saat menyimpan kebaya, sesuaikan dengan model kebaya yang Anda miliki. Jika kebaya Anda termasuk model polos, bisa Anda gantung atau lipat dilemari.

Namun jika model baju kebaya modern yang Anda miliki mempunyai banyak aksesoris seperti payet atau manik-manik, jangan dilipat agar tidak merusak aksesorisnya. Cukup gantung menggunakan hanger lalu simpan di dalam lemari.

Seperti itulah tips merawat kebaya agar lebih awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat ya.