Inilah Cara Cuci Sofa Mobil Yang Mudah Dan Bisa Dilakukan Di Rumah

cuci sofa mobil

Cuci Sofa Mobil: Mobil merupakan kendaraan yang hampir sebagian kepala keluarga memilikinya. Kendaran yang mampu menampung cukup banyak penumpang tersebut mampu memberikan kenyamanan dan kepraktisan pada saat di perjalanan. Akan tetapi, saat jalanan mulai ramai dan macet, pasti ada saja yang Anda dan penumpang lakukan untuk membunuh kebosanan. Seperti memakan cemilan, bermain, dan masih banyak lagi. Dan mungkin bisa membuat jok sofa mobil menjadi kotor.

baca juga artikel cuci jok mobil bandung

Jika bagian dalam mobil sudah kotor, akan membutuhkan waktu yang cukup lama dengan tingkat ketelitian yang lebih dibandingkan pada bagian luar mobil. Buat yang belum terbiasa dan tidak mempunyai waktu luang biasanya langsung ke tempat service cuci mobil. Namun, tidak ada salahnya Anda mengetahui cara cuci sofa mobil. Dengan membersihkan jok sofa mobil, itu artinya Anda telah merawat interior mobil. Berikut ini tips cara membersihkan jok sofa mobil.

Membersihkan Jok Sofa Sesuai Bahan

Ternyata cara membersihkan sofa mobil terbagi menjadi beberapa cara sesuai dengan jenis bahan. Inilah cara-caranya:

Jok yang menggunakan bahan tenun Anda membutuhkan bahan dan alat terdiri dari sabun piring, sikat halus, ember, lap bersih, dan botol semprot. Campurkan sabun cuci piring dengan air ke dalam ember dan aduk hingga merata. Taruh kedua campuran ke dalam botol semprotan agar memudahkan Anda untuk menyebarkan cairan ke sofa mobil. Usahakan jaga jarak semprotan dengan sofa sejauh 15 sampai 20 centimeter. Lalu, gosok dengan menggunakan sikat lembut, terutama di bagian yang terkena kotoran. Bilas cucian dengan lap bersih.

baca juga jasa cuci jok mobil bandung

Jok yang menggunakan bahan kulit membutuhkan bahan dan alat yang khusus karena cukup sensitif dengan panas. Oleh karena itu, perawatannya membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian yang cukup ekstra. Anda membutuhkan pembersih khusus dan kondisioner rambut untuk membersihkan jok berbahan kulit. Selain itu, lap lembut juga sangat dibutuhkan. Yang perlu Anda lakukan yaitu oleskan pembersih khusus pada bagian yang terkena noda dan gosok dengan perlahan. Diamkan selama beberapa menit hingga mendingin lalu, lap bekasnya dengan lap lembut. Jangan lupa untuk membilasnya menggunakan air bersih yang cukup dingin. Setelah bersih dan kering, Anda bisa mengoleskan kondisioner agar jok kulit terlihat lebih mengkilap.

Bagaimana cara membersihkan jok sofa mobil di atas? Cukup rumit namun, sangat berguna jika Anda berada cukup jauh dari tempat pencucian mobil.

baca juga artikel berikut tentang cuci sofa bandung by grades

Membersihkan Jok Sofa Dari Jamur

Jamur merupakan kotoran yang sedikit susah untuk dibersihkan jika dibandingkan dengan noda. Penanganannya membutuhkan cara khusus karena tidak cukup bersih kalau hanya menggunakan air bersih saja. Anda harus menggunakan cairan pembersih jamur yang khusus. Cara menggunakannya cukup Anda semprotkan dengan cairan tersebut dan mengelapnya hingga jamur benar-benar menghilang. Usahakan lap sisa cairan di jok hingga benar-benar kering agar jamur tidak lagi datang. Begitu juga untuk mencegah timbulnya jamur pada jok mobil.

Saat jok sofa mobil dalam keadaan basah, langsung ambil tindakan dengan membersihkan dan mengeringkannya. Hal tersebut agar jamur tidak tumbuh di bagian yang pernah basah. Dengan mengikuti cara membersihkan jok mobil yang berjamur, dijamin semua jamur yang menempel bisa benar-benar menghilang tanpa menggunakan air. Sebisa mungkin Anda harus melakukan perawatan dan pencegahan sebelum noda dan jamur menjadi sangat susah untuk dihilangkan.

Dengan beberapa tips di atas semoga dapat membantu Anda membersihkan mobil.