Apa Itu Ultras ? Bagaimana Perkembangannya

Apa itu ultras – Sepakbola tanpa kehadiran suporter atau penonton yang berada dipinggir lapangan tentu terasa ada bagian yang kurang. Hadirnya mereka dengan beragam bentuk komunitas atau kelompok dan juga cara memberikan dukungan pada tim favoritnya bisa menjadi penyemangat dan memberikan suntikan kekuatan tambahan bagi tim yang dukungnya. Ada beberapa jenis kelompok suporter atau penonton dan salah satunya yang di bahas kali ini tentang ultras.

Bahasan selanjutnya dalah sejarah ultras itu bagaimana. Ultras merupakan bagian dari supoter sepakbola yang diambil dari bahasa latin yang memiliki arti “di luar kebiasaan”. Biasaya kelompok ultras ini akan memberikan dukungan pada tim favoritnya secara bergerombol atau membentuk kelompok dengan memakai pakaian serba hitam dan penutup kepala serta menggunakan atribut tim seperti syal dan bendera. Mereka akan rela berdiri sepanjang pertandingan berlangsung dengan terus bernyanyi atau meneriakan yel-yel untuk membakar semangat bertanding tim yang didukungnya.

Mereka biasanya juga tampil lebih berani dan mencoba untuk menjadi pusat perhatian dengan menyalakan flare atau kembang api. Bahkan terkadang merekan juga membawa bendera-bendera atau simbol tim dalam ukuran besar dan membentangkan spanduk-spanduk yang memiliki pesan khuasus serta juga membentuk koreo yang unik.

Sejauh ini, negara-negara yang terkenal dengan ultrasnya seperti Italia dan Argentina. Hal ini bisa kita buktikan dengan menyaksikan pertandingan sepakbola dari kedua liga tersebut. Perilaku dan prinsip-prinsip ultras masih terlihat begitu kental. Tak aneh, jika ketegangan-ketegangan dan suana panas masih sering mewarnai kompetisi liga Italia maupun Argentina.

Ultras menjadi pelopor supoter yang amat terorganisir dengan gaya dukung yang teatrikal. Prinsip-prinsip yang di anut ultras ini kemudian merambah ke beberapa negara-negara lain seperti juga di Indonesia. Kelompok-kelompok supoter dengan yang berlabel utras di Indonesia kini juga bukan menjadi sebuah yang asing lagi.

Tak bisa untuk dipungkiri, meski mengadopsi gaya suporter luar negari. Namun sering kali kita bisa menyaksikan aksi-aksi kreatif suporter sepakbola di Indonesia yang layak di apresiasi untuk memberi warna baru dalam sepakbola di Indonesia.

Apa itu ultras … apakah kalian ultras ? kalian yang bisa menilai


Baca juga : info bikin jaket almamater