Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca Banyak Orang

cara membuat artikel yang menarik

Setiap artikel tidak hanya harus baik, tetapi juga menarik untuk dibaca agar tidak membosankan. Bagi seorang penulis, keahlian ini wajib dimiliki. Inilah cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca banyak orang.

1. Memilih Topik yang Tepat

Penentuan topik tulisan tidak bisa dilakukan sembarang. Sebaiknya lakukan riset topik artikel terlebih dahulu untuk menentukan arah tulisan. Temukan topik artikel yang sedang dibutuhkan dan disukai oleh pembaca.

2. Penggunaan Bahasa yang Ringkas dan Mudah Dipahami

Artikel yang menggunakan bahasa  yang sederhana dan tidak berbelit-belit akan lebih mudah untuk dipahami oleh pembaca. Penggunaan bahasa asing, bahasa daerah dan istilah-istilah asing yang tidak umum akan menyulitkan pembaca dalam memahami maksud dari artikel. Hindari kalimat yang terlalu panjang, dengan maksimal 20 kata. Paragraf yang terlalu panjang juga melelahkan untuk dibaca.

3. Membuat Judul yang Menggoda

Judul yang menarik yaitu susunan kalimat yang mampu membuat pembaca penasaran dengan isi artikel. Pastikan judul dan isi artikel sama. Hindari pembuatan jebakan judul yang menipu pembaca.

4. Pembukaan yang Menggigit

Paragraf pembuka menjadi penentu pada sebuah artikel. Buka artikel dengan sesuatu yang membuat penasaran, bisa dengan menggunakan pertanyaan atau pernyataan yang menohok. atau memberi gambaran singkat tentang isi artikel.

5. Isi Artikel Tidak Membosankan

Berikan data dan fakta penting yang berasal dari berbagai sumber yang terpercaya agar lebih kaya informasi dan lengkap. Apabila informasi yang ditemukan sedikit, sesuaikan dengan fakta dan data yang ada. Usahakan untuk menghindari kalimat yang berputar-putar dan berulang-ulang karena akan membosankan.

6. Penutup yang Berkesan

Paragraf penutup merupakan kesimpulan dari seluruh uraian yang sudah dipaparkan. Sama halnya dengan paragraf pembuka yang menggigit, paragraf penutup juga harus berkesan. Kalimatnya mengunggah dengan pemilihan kata-kata yang tepat.

Nah, itu beberapa rahasia cara membuat artikel yang menarik. Dibutuhkan latihan, konsistensi, dan kerja keras untuk menghasilkan artikel yang menarik. Apabila mengalami kesulitan pembuatan dan waktu untuk membuat artikel sendiri, bisa menggunakan jasa penulis artikel yang tentunya sudah berpengalaman. Dengan mengunakan jasa tersebut, website akan bertahan dan terus dikunjungi banyak orang.