Mengapa Feng Shui Tidak Cocok Diterapkan Dalam Mendesain Rumah?

kekurangan feng shui rumah
Mendesain rumah bukanlah perkara yang mudah, pasalnya tak hanya nilai fungsional saja yang harus diperhatikan namun nilai estetika juga tak boleh luput dari perhatian. Meskipun di zaman modern ini banyak sekali bidang keilmuan yang bisa dipelajari untuk membuat desain hunian, namun beberapa kalangan lebih memilih menggunakan ahli Feng Shui daripada arsitek tatkala mendesain sebuah rumah untuk ditinggali. Golongan tersebut percaya bahwa keilmuan Feng Shui ini memiliki energi yang mampu mempengaruhi rezeki dan nasib baik sang pemilik dan lebih mendulukannya daripada ilmu arsitektur. Tak heran jikalau dalam keilmuan Feng Shui ini peletakan segala sesuatu di dalam rumah memiliki peran yang penting untuk menyeimbangkan hidup dengan alam semesta, “katanya”.

 

Namun yang celakanya, perletakan tersebut seringkali berbenturan dengan konsep standar perancangan bangunan yang telah baku di kalangan arsitek. Sebagai contoh, dalam menentukan anak tangga, selalu dicocokkan dengan tanggal lahir dan shio pemilik rumahnya. Dan terkadang hal ini menyebabkan jumlah anak tangga tidak standar lagi dan kurang nyaman untuk dilalui. Begitu juga dengan perletakan pintu dan jendela yang semuanya diatur bukan berdasarkan estetika ataupun sirkulasi udara dan pencahayaan lagi, namun patokannya adalah tanggal lahir, shio, tahun dibangunnya rumah dan lain sebagainya.

 

arsitek

 

Tetapi tak sedikit pula orang yang menganggap bahwa keilmuan Feng Shui hanyalah sekedar kepercayaan semata bagi golongan tertentu. Sebab pada dasarkan definisi ilmu Feng Shui ini menurut kepercayaan mereka bertujuan untuk mengurangi kehadiran energi negatif yang ada di dalam rumah. Bahkan bukan hanya kalangan arsitek saja, banyak juga orang dari golongan tertentu tersebut yang menganggap keilmuan Feng Shui tak cocok apabila diterapkan untuk mendesain rumah, terlebih bagi Anda yang memiliki lahan sempit dan dituntut untuk menghemat tempat supaya keberadaan rumah mampu diterapkan sesuai fungsinya. Hal ini disebabkan karena keilmuan Feng Shui memiliki ketentuan dan batasan khusus yang menjadi pedoman pada segala sesuatu yang harus dilakukan serta apa saja yang harus dihindari. Apabila pedoman tersebut dilanggar, mereka percaya bahwa hal itu mampu mempengaruhi rezeki, kesehatan hingga berbagai aspek lainnya dalam kehidupan penghuni rumah.

 

Secara umum memang tak ada larangan undang-undang untuk menerapkan keilmuan Feng Shui ini untuk membangun rumah, namun yang sering jadi perhatian adalah ketidakcocokannya dengan ilmu arsitektur yang dipakai di seluruh dunia. Apalagi bagi meraka yang terkendala ketersediaan lahan yang sempit, tentunya harus berpikir keras ketika merancang rumah karena ada kaidah-kaidah arsitektur tertentu yang pantang untuk dilanggar. Nah maka dari itu, bagi Anda yang ingin menerapkan ilmu Feng Shui ketika membangun rumah hendaknya memperhatikan beberapa kaidah-kaidah dalam ilmu arsitektur dengan tepat. Atau kalau ingin aman, lebih baik menghubungi jasa arsitek yang benar-benar professional dibidangnya ini.

 

jasa arsitek

 

Itulah tadi ulasan mengenai alasan mengapa ilmu Feng Shui tidak cocok diterapkan untuk mendesain rumah yang bisa kami informasikan untuk Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.