Objek Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi Oleh Kalian Pecinta Sejarah

Tempat Bersejarah di Yogyakarta – Yogyakarta adalah kota dengan budaya, sejarah, dan tradisi yang kaya. Ada banyak tempat bersejarah yang dapat Anda kunjungi di Jogja bersama keluarga atau teman pada saat liburan, anda dapat merental mobil untuk menghemat anggaran dan mempermudah berkeliling Yogyakarta tanpa repot-repot memesan transportasi yang mahal. Percayalah, Anda tidak akan merasa bosan karena Jogja memiliki sesuatu untuk semua orang, mulai dari seni, tradisi, warisan hingga petualangan kuliner.

Apakah Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang destinasi khusus di kota berseni ini? Ayo cari tahu!

Wisata Bersejarah di Yogyakarta yang Tidak Harus Anda Lewatkan

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur tidak diragukan lagi adalah tempat yang luar biasa yang harus Anda kunjungi di Jogja. Kuil Budha memiliki ketinggian 35 meter dari tanah. Sejak dahulu kala, sebuah misteri tentang bagaimana orang membangun candi ini masih belum terpecahkan.

Candi itu dibangun menggunakan susun batu tanpa menggunakan bahan semen atau perekat. Namun, bangunan kuno itu masih berdiri kokoh sampai sekarang.

Candi Borobudur dihiasi dengan 2.672 panel relief dan 504 patung Buddha. Kuil ini memiliki relief Buddha paling lengkap di dunia.

2. Candi Prambanan

Pernahkah Anda mendengar tentang legenda Roro Jonggrang? Ini adalah cerita rakyat yang populer tentang Candi Prambanan, salah satu tempat wisata terkenal di Jogja. Candi ini dibangun oleh Bandung Bondowoso dengan bantuan setan untuk menunjukkan cintanya kepada Roro Jonggrang.

Selain itu, di dinding Candi Prambanan, ada relief yang menceritakan kisah Ramayana. Anda bisa mencari relief mulai dari sisi timur kompleks Kuil Siwa. Kemudian, Anda bisa melihat kelanjutan cerita di sisi selatan Kuil Brahma.

3. Taman Sari

Taman Sari adalah situs yang sudah ada sejak abad ke-18. Tempat itu dibangun di bawah pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I, sultan pertama Yogyakarta, dan diselesaikan pada saat Sultan Hamengku Buwono II.

Ada banyak area di dalam gedung yang meliputi kolam pemandian, saluran air, jembatan gantung, dan lorong bawah tanah.

Tempat pemandian yang disebut Mata Air Pacethokan di tengah bangunan masih terpelihara dengan baik hingga saat ini. Taman Sari populer di kalangan wisatawan lokal dan internasional karena banyak orang datang ke sana untuk berburu foto. Apakah Anda tertarik untuk datang ke salah satu tempat bersejarah di Yogyakarta?

4. Istana Yogyakarta

Keraton Yogyakarta, juga dikenal sebagai Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, adalah ikon kota Jogja. Istana adalah pusat budaya Jawa yang menawarkan artefak kerajaan. Kompleks ini dibangun antara 1755 hingga 1756.

Hingga hari ini, istana masih digunakan sebagai rumah bagi keturunan raja dan keluarganya. Kompleks istana yang elegan dibangun berdasarkan kepercayaan kuno tentang hubungan antara Tuhan, manusia, dan alam.

5. Masjid Agung Kauman

Masjid Agung Kauman adalah wisata religius sekaligus bersejarah di Jogja. Masjid ini dibangun di daerah yang masih milik Kraton Yogyakarta.

Meskipun merupakan tempat ibadah, masjid ini juga merupakan salah satu tempat bersejarah terkenal di Yogyakarta. Fungsi utama masjid sebagai tempat ibadah hingga saat ini karena masih terpelihara dengan baik, lengkap dengan segala fasilitas yang diperlukan.

6. Museum Benteng Vredeburg

bentuk pertahanan dari serangan. Saat ini, tempat ini adalah salah satu situs bersejarah di Yogyakarta. Di dalam Museum Benteng Vredeburg, ada beberapa koleksi seperti bangunan peninggalan Belanda dan benda-benda bersejarah lainnya yang memberikan wawasan tentang masa lalu.

7. Monumen Perebutan Kembali Yogyakarta

Monumen Perebutan Kembali Yogyakarta memiliki bentuk yang cukup unik, yang menyerupai piramida. Bentuknya menandakan kelestarian sejarah dari para leluhur. Nama unik untuk bangunan ini dipilih karena museum ini didedikasikan untuk Revolusi Nasional Indonesia.