Inilah makna dari warna seragam pramuka

Kita sudah tidak asing lagi bukan dengan pramuka? Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana, dan setiap tanggal 14 Agustus kita rakyat Indonesia setiap tahunnya selalu memperingati Hari Pramuka.

Pramuka memliki seragam yang bewarna coklat. Kita sudah tidak asing dengan seragam tersebut, di sekolah maupun saat kegiatan ekstrakulikuler kita di wajibkan memakai seragam pramuka. Mungkin masih banyak yang belum tau mengapa seragam pramuka bewarna coklat bukan??? Untuk mengetahuinya anda dapat membaca artikel dibawah ini, Berikut filosofi alasan mengapa seragam pramuka bewarna coklat.

Warna tanah dan air

Asumsi ini memanglah belum diakui secara formal oleh keputusan Kwartir Nasional. Tetapi, sebagian orang di Indonesia memaknai corak cokelat bagaikan kiasan corak tanah serta air di Indonesia. Warna cokelat muda pada pakaian mencerminkan air yang mengalir di segala penjuru negara. Sebaliknya warna cokelat tua pada celana ataupun rok menyiratkan warna tanah negeri kita.

Secara totalitas, baju Pramuka yang dipadukan sapu tangan leher bercorak merah- putih ini mempunyai makna kalau putra- putri Bunda Pertiwi wajib senantiasa siap sedia mempertahankan kibaran bendera di tanah airnya.

Warna Tunas Kelapa

Pramuka sangat identik dengan tunas kelapa, bersumber pada sejarah, penemu ide ini merupakan Soenardjo Atmodipurwo, seseorang tokoh Pramuka yang pula ialah pegawai besar di Departemen Pertanian.

Terdapat bermacam- macam alasan mengapa tunas kelapa dijadikan sebagai ciri pengenal formal. Sebagian di antara lain ialah, tunas kelapa dimaksud bagaikan tunas penerus bangsa, serta buah kelapa yang tahan lama pula menggambarkan watak anggota Pramuka yang kokoh jasmani ataupun rohani.

Filosofi yang lain, buah kelapa bisa berkembang di bermacam tipe tanah, sehingga diharapkan anggotanya pula sanggup menyesuaikan diri dalam keadaan apapun. Atas dasar uraian tersebut, kesimpulannya diputuskanlah corak tunas kelapa( cokelat) bagaikan dasar corak baju Pramuka.

Pakaian Pejuang Negara

Kalian tentu kerap memandang foto ataupun di film, para pahlawan menggunakan pakaian atasan serta celana bercorak cokelat muda. Meski sebagian yang lain pula memakai baju bercorak putih serta gelap, tetapi cokelat tetaplah corak yang sangat mendominasi di medan perang.

Oleh sebab seperti itu, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka memutuskan seragam mereka bercorak cokelat. Perihal ini secara formal tercantum dalam Bab 1 Pasal 5 Ayat b di dalam Petunjuk Penyelenggaraan Baju Seragam Anggota Gerakan Pramuka. Tujuannya, supaya para anggotanya tidak melupakan para pejuang kemerdekaan yang sudah berjuang buat negeri.

Kunjung Toko Seragam Pramuka kedaipramuka.net

Ide dari Bapak Pramuka (Baden Powell)

Kalian tentu tau dengan Baden Powell kan? Ayah Pramuka Sejagat ini bahagia sekali melaksanakan ekspedisi yang begitu jauh, buatnya tidak sadar jika pakaiannya jadi berganti warna.

Perihal ini diakibatkan sebab badannya yang masuk ke dalam lumpur basah, serta jadi kering di tubuhnya. Kesimpulannya, segala badan serta pakaiannya juga jadi cokelat. Semenjak dikala seperti itu, Powell tertarik menginisiasikan warna cokelat untuk seragam anggota Pramuka. Tujuannya, supaya tidak gampang kotor saat lagi berpetualang.