Water Purifier – Solusi Air Minum Sehat Untuk Keluarga Tercinta

water purifier solusi air minum sehat

Ketersediaan air minum sehat merupakan salah satu hal penting yang harus kita perhatikan. Para peneliti sendiri menyatakan bahwa 60% tubuh manusia terdiri atas air. Untuk itu, kebiasaan air minum dengan menggunakan takaran yang cukup akan berakibat baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat yang akan didapatkan dari kebiasaan minum air diantaranya adalah meningkatkan kinerja otak, meningkatkan metabolisme tubuh, membantu mengeluarkan ampas makanan dan minuman, dan masih banyak yang lainnya. Konsumsi air yang kurang higienis dan sehat dapat menyebabkan gangguan kesehatan bagi orang yang meminumnya. Mulai dari diare, gastrointestinal, amoebiasis, dan masalah – masalah pencernaan lainnya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai Water Purifier, alat yang dapat menjadi solusi bagi anda untuk menghasilkan air minum yang sehat dan juga higienis. Simaklah penjelasan berikut ini.

 

Pengertian Water Purifier

water purifier solusi air minum sehat

Water Purifier merupakan sebuah alat yang digunakan untuk melakukan proses penjernihan air dengan menghilangkan polutan bahan kimia, kontaminasi biologis, dan partikel kasar untuk menghasilkan air minum siap pakai. Selain dapat menghasilkan air minum siap pakai, water filter juga dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Contohnya adalah memenuhi persyaratan medis, farmakologi, kimia, dan juga aplikasi industri.

 

Cara Kerja Water Purifier

Beberapa cara yang digunakan untuk penjernihan air diantaranya adalah :

1. Filtrasi Absorbsi

cara water purifier dengan filtrasi absorbsi

Filtrasi Absorbsi merupakan teknik melakukan penyaringan kotoran tau kontaminan dengan menyerap ke dalam pori – pori media. Pada umumnya penyaringan tradisional biasanya dilakukan dengan menggunakan pasir, arang, atau ijuk. Prinsip yang digunakan disini adalah menyaring kotoran di permukaan media atau biasa disebut dengan absorbsi permukaan sehingga kotoran – kotoran yang mengotori air dapat ditahan dan air yang dihasilkan hasilnya akan menjadi lebih jernih.

 

2. Destilasi

cara water purifier dengan destilasi

Destilasi merupakan cara yang membutuhkan banyak sekali energi. Prinsip yang digunakan dari cara ini serupa dengan air yang menguap di udara kemudian turun menjadi air hujan. Sehingga nantinya air yang dihasilkan dapat menjadi murni dan bebas mineral.

 

3. Reverse Osmosis

cara water purifier dengan reverse osmosis

Reverse Osmosis merupakan salah satu sistem pemurnian air terbaik yang ada saat ini. Dengan sistem Reverse Osmosis, semua bahan pencemar air dapat dibuang. Kelebihan lain dari menggunakan system ini adalah air yang dihasilkan sangat baik untuk kesehatan. Pemurnian air dengan menggunakan system ini melewati beberapa proses, diantaranya :

  • Sedimen filter
  • GAC Carbon
  • CTO Carbon Block
  • Reverse Osmosis Membrane
  • Bio Energy Filter dan Spiral magnetic
  • Post Carbon

 

Manfaat Dari Penggunaan Water Purifier

Selain bermanfaat untuk menjernihkan air supaya dapat dikonsumsi, Water Purifier memiliki manfaat – manfaat lain yang tidak kalah penting. Manfaat – manfaat tersebut diantaranya :

1. Memperbaiki Kualitas Air

Selain membantu menjernihkan air, penggunaan water purifier dapat membantu anda memperbaiki kualitas air yang anda miliki menjadi lebih baik lagi. Apabila anda menggunakan tandon di rumah, biasanya air yang berada di dalam tandon akan menjadi kotor seiring berjalannya waktu. Dengan menggunakan water purifier air akan menjadi lebih bersih dan jernih. Selain itu, water purifier ini juga dapat membantu menghilangkan kotoran – kotoran yang sudah membusuk dari waktu ke waktu.

 

2. Menghemat Biaya

Biasanya, untuk menghasilkan air minum kita harus memasak air sampai matang. Memasak air sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama sampai air matang. Dengan begitu, gas yang digunakan juga tidak sedikit. Padahal untuk membeli gas sendiri, biaya yang harus dikeluarkan tidak sedikit. Maka dari itu, dengan menggunakan air purifier anda akan dapat menghemat biaya pengeluaran anda.

 

3. Baik Untuk Lingkungan

Memerangi global warming merupakan kewajiban bagi semua orang. Salah satu hal yang dapat anda lakukan untuk membantu memerangi global warming adalah dengan menggunakan water purifier. Dengan menggunakan water purifier, anda tidak perlu membeli air kemasan botol plastik. Dengan begitu anda tidak perlu lagi menyumbang satu botol plastik setiap harinya. Selain itu, anda juga telah berpartisipasi dalam menjaga lingkungan dengan mengurangi pemakaian bahan plastik.

 

Seperti itulah sedikit penjelasan mengenai water purifier. Segera gunakan water purifier sebagai solusi air minum sehat bagi keluarga tercinta. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.