11 Manfaat Kesehatan dari Teh Hijau yang Belum Pernah Anda Dengar

Membantu mencegah beberapa kanker
Penelitian tentang manfaat teh hijau dan pencegahan kanker masih dalam tahap awal, tetapi hasilnya menjanjikan. Para peneliti menduga bahwa polifenol dalam teh hijau membantu membunuh sel kanker dan menghentikan perkembangannya, peran penting untuk mencegah berbagai kanker. Anda dapat membuat teh menggunakan mesin teh celup.

Dalam sebuah studi terhadap 472 wanita penderita kanker payudara, mereka yang minum teh hijau paling banyak mengalami penyebaran penyakit yang paling sedikit. Para peneliti juga menemukan bahwa wanita pada tahap awal kanker payudara yang minum setidaknya lima cangkir teh hijau setiap hari selama diagnosa mereka lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki penyakit kambuh setelah perawatan selesai.

Dalam mengamati lebih dari 35.000 wanita dalam penelitian Kesehatan Wanita Iowa, mereka yang minum dua atau lebih cangkir teh sehari hampir 30 persen lebih kecil terkena kanker usus besar daripada mereka yang jarang minum teh.

Satu studi Cina menemukan bahwa pria yang minum lebih dari tiga cangkir teh sehari mengurangi risiko kanker prostat hingga 70 persen. Dalam studi lain yang didanai oleh National Institute of Health, 79 pria dengan kanker prostat diminta untuk minum enam cangkir teh hijau sehari atau enam cangkir air. Setelah tiga hingga delapan minggu, kadar antigen spesifik prostat, protein yang dapat mengindikasikan kanker, lebih rendah pada pria yang minum teh hijau daripada mereka yang minum air putih. Indikator peradangan, faktor-kappaB nuklir, terkait dengan pertumbuhan kanker, juga lebih rendah pada pria yang minum teh hijau.

Dalam studi kanker kulit, hewan lab yang diberi teh hijau mengalami tumor sebanyak 1/10 dari hewan yang diberi air. EGCC dalam teh hijau menghambat produksi urokinase, enzim yang dibutuhkan sel kanker untuk tumbuh. Ini juga tampaknya merangsang proses kematian sel yang diprogram, atau apoptosis, dalam sel kanker.

Jadikan jantung Anda lebih sehat
Teh hijau mengandung sejumlah besar flavonoid, antioksidan yang melindungi terhadap penyakit jantung dengan memperlambat pemecahan kolesterol LDL, mencegah pembekuan darah, dan meningkatkan fungsi pembuluh darah. Manfaat teh hijau juga termasuk asosiasi dengan kolesterol yang lebih rendah dan tingkat penyumbatan arteri yang lebih rendah. Orang yang minum satu atau dua cangkir sehari memiliki risiko 46 persen lebih rendah terkena penyempitan pembuluh darah. Meningkatkannya menjadi tiga cangkir sehari menurunkan risiko terkena serangan jantung sebesar 43 persen dan meninggal akibat serangan jantung sebesar 70 persen. Bahkan dapat membantu mencegah serangan jantung kedua. Dalam sebuah studi terhadap 1.900 pasien yang pulih dari serangan jantung di Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston, tingkat kematian di antara pasien yang minum setidaknya dua cangkir teh sehari adalah 44 persen lebih rendah daripada di antara peminum non-teh.