Cara Memilih Jam Tangan Wanita untuk Olahraga

cara memilih jam tangan wanita untuk olahraga

Apabila Anda adalah seorang wanita yang gemar melakukan olahraga, maka Anda membutuhkan sebuah jam tangan yang dapat membuat aktivitas tersebut dapat dilakukan dengan lebih nyaman. Mungkin Anda ingin mulai melacak progres latihan harian Anda tetapi dengan begitu banyak jam tangan wanita yang ada di luar sana, maka sulit untuk mengetahui mana yang harus dipilih. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut adalah cara memilih jam tangan wanita untuk olahraga yang dapat Anda terapkan.

Mengetahui Manfaat Jam Tangan Wanita untuk Olahraga

Dari pelacak kebugaran sederhana hingga jam tangan GPS terbaru dan monitor detak jantung, jam tangan olahraga biasanya dirancang untuk mengoptimalkan dan mempersonalisasikan latihan Anda untuk membantu meningkatkan kinerja Anda.

Jam tangan yang Anda pilih tergantung pada tujuan dan anggaranlatihan Anda, tetapi ingat, opsi dengan harga tertinggi tidak selalu merupakan gadget terbaik untuk mencapai tujuan Anda.

Saat ini, semakin banyak jam tangan wanita untuk olahraga yang dapat dipasangkan dengan ponsel cerdas Anda sehingga Anda bahkan lebih mudah mengakses data dan juga memberi Anda pemberitahuan tentang pesan, panggilan, dan email ketika melakukan aktivitas olahraga. Dengan masa pakai baterai yang lebih panjang dan pengoperasian yang mudah, jam tangan olahraga cenderung dapat bertahan dalam kondisi yang lebih panas dan lebih dingin.

Beberapa Fitur Jam Tangan Wanita untuk Olahraga yang Wajib Anda Perhatikan

1. Pelacak kebugaran

Pelacak kebugaran menawarkan data lari paling dasar; hitungan langkah, kalori, dan jarak. Pelacak kebugaran yang lebih canggih selalu dapat memantau siklus waktu tidur dan detak jantung Anda juga. Mereka sering memiliki daya tahan baterai yang sangat baik dan ringan serta mudah digunakan. Jika Anda seorang wanita yang selalu berolahraga, maka fitur ini mungkin cukup untuk Anda.

2. Fitur GPS

Selain memberi Anda semua yang hal ditawarkan oleh fitur pelacak kebugaran, jam tangan dengan GPS menggunakan teknologi posisi global untuk secara akurat merekam rute Anda sehingga nantinya Anda dapat menganalisis kecepatan, irama, dan ketinggian Anda untuk mengoptimalkan pelatihan Anda. Jika Anda menjalankan jarak yang lebih jauh atau di medan berbukit, jam tangan GPS sangat ideal karena dapat merekam data vertikal, yang memberikan Anda data yang lebih akurat daripada pelacak kebugaran biasa.

3. Fitur Monitor Detak Jantung

Kemampuan untuk merekam detak jantung Anda, baik melalui monitor internal di pergelangan tangan Anda dianggap sebagai fitur yang harus diperhatikan ketika memilih jam tangan wanita untuk olahraga. Mampu melacak denyut nadi dan detak per menit selama berolahraga memungkinkan rencana pelatihan yang jauh lebih disesuaikan, menggunakan zona detak jantung untuk meningkatkan pembakaran lemak, kecepatan, kekuatan, dan daya tahan.

Monitor detak jantung juga dapat memperkirakan VO2 max Anda, konsumsi oksigen maksimum Anda, dan laju pemulihan Anda. Sementara jam tangan ini biasanya lebih mahal, banyak brand yang menawarkan model terlaris baik dengan dan tanpa monitor detak jantung untuk memenuhi berbagai anggaran yang dimiliki setiap individu.

4. Fitur Lain yang Juga Perlu Diperhatikan

Setiap fitur pada jam tangan wanita untuk olahraga dirancang agar dapat mengoptimalkan dan mempersonalisasikan pelatihan Anda sehingga Anda harus selalu mempertimbangkan fitur apa yang penting bagi Anda.

Fitur tambahan bisa berupa:

  • Audio dan getaran sebegai sinyal pemberitahuan pada ponsel cerdas ke waktu putaran dan zona detak jantung
    Interaktivitas online yang memungkinkan Anda untuk mengunggah dan membagikan data Anda dengan aplikasi pelatihan
    Fitur kompetitif untuk melawan diri sendiri atau mitra sexara virtual
    Perhitungan waktu pemulihan

Itulah beberapa cara memilih jam tangan wanita untuk olahraga yang dapat Anda coba. Dengan begitu, Anda dapat menumukan jam tangan yang tepat sehingga aktivitas olahraga Anda dapat dilakukan dengan lebih menyenangkan.