Keahlian Apa Saja yang Diperlukan Seorang Junior Web Developer?

Keahlian Apa Saja yang Diperlukan Seorang Junior Web Developer?

Jika anda serius hendak menjadi seorang Web Developer, anda perlu mempunyai sejumlah keterampilan. Kemampuan untuk bekerja dengan bahasa pemrograman opsi kamu adalah sangat penting (penjelasan mengenai ini sebentar lagi), namun kamu juga harus mempelajari kemampuan yang lain jika kamu ingin menempatkan diri anda di urutan depan dan menemukan posisi junior web pengembang pertamamu.

 

Beberapa kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki sebagai pengembang yang baru mengawali meliputi:

 

Belajar menyelesaikan masalah. Penyelesaian masalah adalah bagian utama dari pemrograman. Sangat jarang untuk bisa menulis kode yang sempurna pada pertama kalinya. Seringkali anda akan merasakan masalah di mana hal-hal tidak berjalan sesuai harapan dan anda perlu mencari solusinya. Kemampuan untuk memecahkan masalah secara efisien adalah sangat penting jika kamu ingin mempunyai peluang dalam meraih lowongan  junior Web design.

Mampu bekerja di dalam tim. Melainkan jika kamu adalah pekerja lepas untuk suatu klien kecil, anda mungkin akan diminta untuk bekerja sebagai bagian dari anggota saat anda mendapatkan posisi junior web pengembang pertamamu. Berlatihlah bekerja dengan orang lain jika memungkinkan, dan pastikan anda merasa nyaman menjadi anggota kesebelasan junior.

Mampu menghasilkan penyelesaian inovatif. Jadi, bayangkan jika atasan anda baru saja memberi anda tugas yang anda tidak tahu cara menyelesaikannya. Apa yang anda lakukan? Jika anda serius ingin menjadi developer yang baik, anda harus bisa mencari solusi untuk kegiatan yang susah dengan cara yang kreatif dan efisien. Berlatihlah melakukannya saat anda belajar mencatat kode.

Seperti yang bisa anda bayangkan, ini adalah beberapa kemampuan paling penting dalam menjadi web pengembang yang baik. Kamu pun harus lancar dalam pilihan bahasa kamu. Jika kamu ingin menjadi developer front-end, anda perlu mempelajari HTML, CSS, dan JavaScript. Sebagai developer back-end, pilihan bahasa anda sedikit lebih luas, namun yang lebih dianjurkan adalah Java, PHP, dan SQL.

 

Ketahui lebih lanjut tentang bahasa-bahasa itu dan pemakaiannya di bawah ini:

 

HTML

HTML ada di hampir setiap situs di internet. Singkatan dari Hypertext Markup Language ini, HTML memungkinkan anda untuk menyajikan teks dan konten lain dengan cara yang bisa dicerna oleh komputer dan peramban (browser) web. Ini memungkinkan anda untuk membuat susunan dan tabel, untuk menilai judul (heading), dan untuk memasukkan video dan gambar.

 

Untuk mayoritas orang yang bersungguh-sungguh menjadi front-end developer, HTML adalah bahasa pertama yang bagus untuk dipelajari, terutama jika kamu tidak memiliki banyak pengalaman coding (menulis kode). HTML cukup sederhana, relatif mudah untuk diikuti, dan tidak memiliki banyak sintaks yang rumit. Yang terbaik adalah begitu anda telah mempelajari HTML – seringkali tidak memakan waktu lebih dari beberapa jam – anda akan bisa mulai membuat halaman web dasar anda dengan segera.

 

Jika anda bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan posisi junior Web Design  dan beranggapan untuk mengupayakan menjadi developer front-end, usahakan anda memulai dengan mempelajari HTML. Tutorial Komprehensif HTML5 akan mengajarkan anda segala sesuatu yang perlu anda ketahui untuk mengawali coding dalam HTML, sementara kursus HTML Coding untuk Pemula akan mengajarkan anda dasar-dasar HTML hanya dalam satu jam video-video latihan sederhana.

 

CSS

Bahasa berikutnya yang perlu anda pelajari – dan bahasa yang barangkali akan anda pelajari segera setelah anda memulai kursus HTML – adalah CSS. Jika HTML adalah bahasa manajemen konten internet, CSS adalah bahasa pengaturan atau penerapan gaya (styling). Ini memungkinkan anda untuk mengolah segalanya, mulai dari warna, ukuran, dan gaya font anda kemudian mengubah format gambar anda dan di mana mereka ditemukan di halaman web kamu.

 

CSS sangat penting untuk setiap calon developer front-end, dan banyak diajarkan bareng dengan HTML. Meskipun seringkali ditulis dalam dokumennya, perintah CSS bisa dimasukkan secara langsung ke dalam kode HTML, memungkinkan anda untuk menciptakan perubahan yang cepat dan mudah ke halaman web kamu.

 

Jika kamu hendak belajar CSS, lihat kursus Coding Interaktif untuk Pemula. Kursus ini akan mengajarkan anda dasar-dasar CSS dan HTML dengan konsentrasi pada pengembangan web dengan cara yang menyenangkan, menarik, dan akan membuat anda termotivasi untuk terus belajar.

 

JavaScript

JavaScript adalah yang terakhir dari tiga bahasa front-end yang penting jika kamu ingin mulai menggali lowongan junior web developer. Ini lebih susah untuk dipelajari daripada HTML dan CSS, oleh sebab itu, usahakan menjadi yang terakhir untuk dikuasai.

 

Pengetahuan dan penerapan yang baik mengenai JavaScript akan membolehkan anda untuk membina elemen-elemen interaktif dan responsif yang bisa dimasukkan dalam halaman web kamu. Hal-hal seperti tombol-tekan dan item interaktif lainnya lumayan mudah untuk diciptakan menggunakan JavaScript, menjadikannya bahasa yang penting untuk para developer front-end.

 

Meskipun secara tradisional JavaScript adalah bahasa front-end dalam aspek pengembangan web, JavaScript juga menjadi semakin populer di dalam pengembangan back-end. Ini berarti bahwa JavaScript juga bisa menjadi bahasa yang bagus untuk dipelajari jika kamu ingin mulai melamar posisi back-end junior web developer.

 

Java

Ketika masuk ke pengembangan back-end, Java (lain dari JavaScript) adalah bahasa yang sangat penting untuk dipelajari. Ia dipakai oleh mayoritas website besar, dan memungkinkan anda untuk membangun software web yang bisa diperbesar (scalable) dan mudah dikelola. Contoh software web yang diciptakan dalam Java adalah Google Maps.

 

Java mungkin adalah bahasa back-end terbaik untuk dipelajari terlebih dahulu oleh pemula. Ia mempunyai sintaks yang lumayan sederhana, dibaca seperti bahasa Inggris, dan paling fleksibel. Namun, ia bukanlah bahasa yang mudah seperti HTML dan CSS, yang perlu diingat saat memilih antara jalur developer front-end atau back-end.

 

PHP

PHP adalah salah satu bahasa pemrograman sangat populer di dunia. Ia didesain untuk web dan sekarang dipakai oleh lebih dari 80% dari 10 juta website web teratas. PHP dipakai terutama untuk mengembangkan software web back-end untuk hal-hal seperti keranjang melakukan pembelian barang dan susunan sign-up (pendaftaran). Ini berarti bahwa ada banyak peluang untuk orang-orang yang ingin bekerja dalam pengembangan PHP hanya untuk memperbesar dan merawat program-program yang sudah yang ada.

 

PHP adalah bahasa yang bagus untuk freelancer, dan sangat penting untuk setiap calon back-end developer. Tidak terlalu susah untuk mempelajarinya, dan ada banyak cara untuk mempraktekkannya. Kalau kamu ingin mencari posisi junior web developer, maka mulailah dengan mempelajari PHP melalui Tutorial Belajar PHP Online. Kursus ini akan mengajarkan anda dasar-dasar PHP, bagaimana anda dapat mencatat kode berbobot  atau berkualitas tinggi dengan PHP, dan bagaimana anda dapat memakai PHP untuk menciptakan berbagai software web.

 

SQL

SQL sedikit bertolak belakang dari mayoritas bahasa yang kita kupas di sini. Ia hampir secara eksklusif dipakai untuk pengelolaan database dan analisis data. Ini membolehkan perusahaan-perusahaan besar – tergolong eCommerce terdepan seperti eBay dan Amazon – untuk meneliti data konsumen dan data bisnis yang rumit. Analisis ini bisa menolong menghasilkan informasi untuk membuat keputusan pemasaran dan keputusan bisnis lainnya.

 

Penting untuk para developer back-end untuk mempunyai paling tidak pemahaman dasar mengenai SQL, terutama bila mereka bekerja dengan situs yang mempunyai database besar. Memiliki pengetahuan penerapan SQL akan membuat anda lebih mudah untuk mendapat kerja, yang mana menambah peluang anda untuk menemukan posisi junior web pengembang pertama kamu. Tutorial SQL Interaktif adalah tempat yang tepat untuk mulai belajar. Kursus ini mengajarkan kamu sekian banyak  perintah SQL dasar dan teknik menggunakannya untuk mengelola dan meneliti data perusahaan.

 

Sumber : A Guideline to Build a Professional Website the Absolute Necessities to Improve Your Business