Mengenal Suara Walet dan Jenis-Jenisnya

Mengenal Suara Walet dan Jenis-Jenisnya

Apakah Anda tertarik dengan walet? Atau tertarik dengan suara walet? Atau bahkan bisnis walet yang menghasilkan banyak keuntungan? Perlu diketahui bahwa peran suara walet sangatlah besar dalam hal ini. Lalu bagaimana perannya? simak sampai akhir

Mengenal Walet dan Jenis Suaranya

Walet sendiri merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan, yaitu dengan menjual-belikan sarangnya. Harga sarang walet untuk tahun 2019 saja sudah menembus angka 20 Juta/Kg nya, dan diperkirakan akan naik di setiap tahunnya. Sangat bombastis dan menjanjikan bukan?

Sarang walet dipercaya memiliki khasiat yang beragam. Salah satunya yang terkenal yaitu kandungan asam sialat. Asam ini ditemukan di otak sebagai bagian dari struktur penghubung otak dan penghantar pada syaraf.

Selain itu, asam sialat juga terdapat pada ASI Ibu. Ternyata ada penelitian yang membuktikan bahwa kandungan asam sialat dalam sarang walet lebih banyak 186 kali daripada ASI. Tentu ini merupakan hal yang fantastis.

Manfaat lain dari sarang burung walet yang lainnya yaitu dapat mengobati keluhan pada paru-paru, gangguan pembulih darah, antioksidan, membuat awet muda, sebagai sumber imun tubuh, meningkatkan nafsu makan bahkan stimulus kecerdasan otak.

Walet juga bisa disebut “Si Liur Emas”. Ini karena liur yang dihasilkan bisa menghasilkan sarang yang nilai jual nya tinggi, seakan-akan seperti emas. Bahkan dari Indonesia sendiri, sudah melakukan expor sarang burung walet ke berbagai negara.

Salah satu yang membuat bisnis walet berkembang adalah suara walet. Suara walet memiliki jenis dan karakteristik yang beragam sesuai dengan jenis dari walet itu sendiri.  Jika sedang berbisnis sarang walet, maka dengan menempatkan dan membunyikan suara walet di tempat yang kita inginkan, walet akan lebih betah tinggal dan bersarang di sana, hal ini tentunya akan menguntungkan pebisnis sarang burung walet.

Jenis-Jenis Suara Walet

Sebelum mengetahui lebih dalam mengenai bisnis sarang walet, sebaiknya Anda mengetahui berbagai jenis suara walet yang bisa digunakan untuk mendukung bisnis tersebut berjalan dengan maksimal dan meraup banyak keuntungan.

Berikut adalah jenis-jenis suara walet :

  1. Suara Walet Panggil

Sesuai namanya yaitu “panggil”, suara walet tipe ini digunakan untuk memanggil burung tersebut agar datang kepada sumber suara atau tempat yang Anda pasangi suara, Sehingga dengan membunyikan suara ini dipastikan ada banyak walet yang datang.

Suara panggil walet pada tweeter bisa di pasang di pintu masuk atau setiap lubang masuk ke sarang yang diinginkan. Selain itu pemasangan juga diperlukan untuk antara lantai pada tempat sarang burung atau biasa disebut nesting room.

Ciri-ciri dari suara walet panggil adalah lebih berkicau dari suara walet inap. Suara ini pun terdapat berbagai jenis, di antaranya yaitu sebagai berikut : suara panggil induk, suara panggil anakan, suara panggil birahi, suara panggil kawin, suara panggil agresif, dan sebagainya.

Suara panggil bersih bisa didapatkan di berbagai media baik secara gratis maupun berbayar, tergantung kualitas yang Anda inginkan. Suara panggil ini merupakan kunci awal agar bisnis walet Anda berhasil, jadi jangan sampai salah pilih agar tidak menyesal.

  1. Suara Walet Inap

Jika suara walet panggil akan membuat burung ini tertarik untuk memasuki sumber suara atau gedung tersebut, maka suara walet inap akan membuat burung walet betah atau mau menginap di dalamnya.

Penempatan suara ini bisa di sudut-sudut ruangan atau antara lantai tempat sarang si liur emas. Suara ini memiliki ciri-ciri tidak terlalu berkicau seperti suara walet panggil. Biasnya hanya berupa dengusan panjang dan kicauan yang pelan.

Seperti suara panggil yang dapat didapatkan di berbagai platform, suara walet inap juga demikian. Baik berbayar maupun gratis.

Jika suara walet panggil adalah kunci awal bisnis Anda menuju kesuksesan, maka suara walet inap merupakan kunci utama agar bisnis Anda mampu konsisten dan meraup keuntungan secara berkala. Karena tidak banyak walet yang mampu konsisten menginap di sarang yang sama dalam jangka waktu yang lama.

  1. Suara Walet Tarik

Suara walet tarik ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan suara walet panggil, yaitu untuk memanggil walet agar ke gedung atau bangunan yang disiapkan. Namun perbedaannya terletak pada suara tarik lebih digunakan untuk mengarahkan pada nesting room.

Fungsi dari nesting room ini sendiri adalah sebagai tempat burung walet membuat sarangnya. Biasanya terletak pada bawah ruangan. Dibutuhkan waktu yang lama bagi burung walet untuk bisa nyaman dan membangun nesting roomnya pada gedung atau bangunan, sekitar 3 bulan, itupun jika tidak ada perubahan kondisi pada ruangannya.

Maka dari itu, suara walet tarik berperan penting untuk membuat walet nyaman dan membuat nesting room pada ruangan tersebut. Semakin banyak nesting room yang dibuat, tentunya semakin banyak keuntungan yang Anda dapatkan dari menjualnya.

Bagaimana Mendapatkan Suara Walet

Karena perkembangan zaman yang semakin kesini semakin mudah untuk mencari informasi, suara walet sesuai jenisnya dapat didapatkan di berbagai platform dan media. Coba Anda search di google pasti banyak melimpah suara walet dengan berbagai jenis dan karakteristik.

Namun tentu tidak semuanya dapat dipastikan suara walet top atau berkualitas. Perlu Anda pelajari pula bagaimana suara walet yang berkualitas agar tidak salah atau keliru dalam memilihnya. Berikut adalah beberapa cara mendapatkannya :

  1. Suara Walet Gratis

Suara walet baik itu tarik, panggil, dan inap bisa didapatkan gratis di internet. Banyak blog atau situs yang membagikannya secara percuma.

Saat ingin mendownload, formatnya pun bermacam-macam, ada suara walet mp3 yang berupa lagu yang bisa Anda download, sampai yang berupa video. Untuk yang berupa video bisa Anda temukan di youtube.

Beberapa contoh suara walet gratis yang bisa Anda dapatkan di internet adalah : Suara walet panggil kalimantan, suara walet inap top, suara panggil walet full birahi, suara walet tarik original, dan sebagainya.

Namun untuk suara walet gratis, Anda tidak bisa menjamin kualitasnya. Karena tentunya tidak semua hal yang gratis itu bisa ampuh dan berfungsi secara maksimal, mengingat keuntungan dari “pancingan suara walet” yang berhasil juga besar. Jadi jika Anda menginginkan kualitas yang lebih baik dan top, bisa mencoba suara walet berbayar.

  1. Suara Walet Berbayar

Suara walet berbayar ini bisa Anda temukan di berbagai situs yang menjualnya, sehingga selain sarangnya yang bisa menjadi bisnis menjanjikan begitu pula dengan bisnis suaranya. Karena tentunya banyak yang membutuhkannya untuk mendukung bisnis walet mereka.

Bisnis suara walet berbayar ini biasanya dikemas dalam berbagai media atau perangkat. Ada yang satu paket dalam flashdisk, tweeter, maupun hanya lagunya. Harganya pun beragam berdasarakan kualitasnya, mulai Rp.100.000-Rp.500.000 untuk tiap suaranya, bahkan bisa lebih.

Pastikan Anda memastikan suara walet yang Anda beli berkualitas agar bisa menghasilkan keuntungan yang berlimpah.