Resep Roti Kukus yang Lembut Mekar Sempurna

resep roti kukus

Halo sobat mimin yang budiman semuanya, selamat datang di artikel kali ini yang bakal membahas tentang resep roti kukus yang lembut dan mekar sempurna nih sob. Resep yang mimin rilis kali ini berbeda dengan resep yang sebelumnya karena resep yang satu ini lebih murah mudah dan ekonomis. Namun rasa dan kemewahannya tetap sama, sehingga tidak usah diragukan lagi sob soal rasanya. Sungguh menarik sekali.

Roti kukus sebenarnya adalah roti bolu yang Dikukus di iPhone sendiri merupakan banyak, memiliki rasa manis, Tekstur lembut, empuk, dan juga sangat menarik untuk dinikmati bersama sama. Roti kukus di Indonesia sudah penjajahan. Karena memang penjajah lah yang mengenalkan roti kukus kepada masyarakat Nusantara awalnya roti kukus di negara asalnya dibuat sangat besar namun di Indonesia dibuat kecil karena tidak ada panggangan yang besar. Sungguh menarik sekali.

Seperti yang Mimin bilang di paragraf atas yaitu Mimin bakalan membahas mengenai resep roti kukus istimewah lembut dan pasti jadi. Roti kukus yang kita buat ini berbentuk bunga makar. Untuk membuat bentuk yang seperti itu sobat hanya tinggal mengikuti langkah langkah mudah berikut ini. Selain itu sobat juga boleh mengembangkan resep ini menjadi resep varian sobat sendiri jadi sobat bisa mengembangkan nya lebih lanjut sesuai kreativitas masing masing ya.

Untuk membuat roti kukus yang istimewa sobat memerlukan beberapa alat dan bahan yang mudah. Jangan masuk ke alat dan bahan perlu kita bahas dulu sebentar mengenai asal usul roti kukus itu sendiri. Berarti kukus memang lah roti yang enak dan mudah dibuat oleh karena itu banyak masyarakat yang menggunakannya sebagai kudapan istimewa.

Resep Roti Kukus yang Lembut

Mari kita bahas asal usul roti kukus terlebih dahulu. Roti kukus sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda. Roti kukus sendiri memang berasal dari wilayah Eropa yang memang kurang tahu dari mana wilayah tempat roti kukus berasal. Selain itu roti kukus juga bisa dinikmati secara hangat maupun dingin. Roti kukus pada zaman itu dibuat sangat besar. he he he. Sungguh menarik sekali.
Namun roti kukus yang beredar di Indonesia cenderung ukurannya lebih kecil. Karena menurut sejarah, roti kukus yang beredar di Eropa dibuat Menggunakan panggangan yang sangat besar. Sehingga hasil pembuatan nya pun juga sangat besar. Berbeda dengan yang dibawa Belanda ke Indonesia karena di Indonesia tidak ada apa nggak yang sebesar di Eropa maka roti kukus yang dibuat ukurannya jauh lebih kecil. Namun tidak masalah karena rasanya tetap enak dan sangat istimewa

Bahan Roti Kukus

  • 250 gram Gula pasir atau gula halus (lebih bagus yang halus);
  • sckp Pasta coklat (sesuai selera);
  • 3 butir Telur;
  • pewarna makanan terserah sesuai selera;
  • 275 Tepung terigu serbaguna (disini mimin pakai merek kunci);
  • 200 mililiter soda atau Sprite;
  • setengah sendok teh SP atau emulsifier roti atau ovalet.

 

Langkah-Langkah Membuat Roti Kukus

Untuk membuatnya sobat bisa ber kreasi sesuai kreativitas masing masing. Untuk penggunaan zat warna makanan sobat juga bisa sesuaikan dengan warna yang dikehendaki. Mungkin saja warna yang lain sebutkan kurang cocok dan kurang berkenan untuk sobat. Oleh karena itu di masalah warna soft bisa menentukan menurut pandangan sobat masing masing ya. Selamat berkreasi sobat semuanya

Perhatikan langkah resep membuat roti kukus yang lembut dan hasilnya mekar sempurna di bawah ini:

  1. Tambahkan gula pasir, telur, dan SP dalam jadi satu adonan hingga putih dan mengembang.
  2. Tuang sedikit Sprite atau soda, aduk dengan kecepatan rendah, lalu tambahkan tepung. Teruskan bergantian sampai habis. Sobat bisa menggunakan mixer roti untuk meratakan adonan agar tercampur sempurna dan teksturnya mantab.
  3. Ambil sedikit adonan dan tuangkan pasta coklat.
  4. Tuang adonan dasar ke dalam cetakan paper cup dan taruh beberapa adonan berwarna di atasnya.
  5. Kukus dalam pegukus yang sudah dipanaskan sebelumnya. Bungkus tutup kukusan dengan kain untuk mencegah air jatuh ke adonan.
  6. Masak sekitar 25 menit atau bisa disesuaikan dengan suhu masing masing.
  7. Setelah sekitar 25 menit atau setelah mengembang sobat bisa angkat dari kompor kemudian disajikan di wadah penyajian yang sudah disiapkan.
  8. disajikan ketika hangat sangat nikmat namun didinginkan juga tepat

Tips Membuat Kue Kukus

Nah gini sobat sudah mengetahui cara membuat roti kukus yang sempurna. Beberapa masalah yang dialami oleh sobat sobat sekalian mungkin roti kukus nya tidak mengembang atau tidak mekar. Tapi jangan khawatir sop karena itu bisa disiasati dengan menambahkan SP atau Soda saat pencampuran adonan siap sehingga roti yang sobat buat bisa mengambang saat Dikukus. Hal tersebut lumrah terjadi ketika baru pertama kali membuat. Sobat bisa menjadikan kesalan kesalan menjadi sebuah pengalaman baru yang berharga

Untuk menghasilkan sajian roti kukus yang sempurna sobat memerlukan tingkat panas dan kematangan yang tepat. Agar mendapatkan tingkat panas dan kematangan yang tepat sobat bisa menggunakan steamer makanan yang sangat cocok digunakan untuk mengukus makanan dengan sempurna.

Untuk mempercantik tampilan dan meningkatkan Citarasa yang khas, sobat bisa menambahkan taburan keju, kacang Almon, atau coklat yang diparut sehingga memiliki tampilan menarik dan juga rasa yang sangat enak. Hal itu sangatlah menarik untuk dicoba ya kan. Selamat berkreasi sobat semuanya karena resep yang satu ini sangat fleksibel dan bisa dikembangkan menjadi variasi pengembangan lain

Oke teman-teman terima kasih udah mampir disini semoga bermanfaat untuk teman teman semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya sobat semuanya he he he

Terimakasih telah membaca artikel ini 🙂