Bukan Dengan Hairdyer, Begini Cara Mengeringkan Karpet Mobil Dengan Cepat

Salah satu masalah yang harus dihadapi ketika mobil kena banjir adalah bagaimana cara mengeringkan karpet dan bagian interior lain dengan cepat dan tepat. Proses pembersihan dan pengeringan yang kurang tepat dapat meninggalkan dampak yang negatif. Contohnya adalah bau apek dan kerusakan interior mobil. Tentu saja kemungkinan ini harus dihindari, bukan?

Banyak orang yang memilih jalan singkat untuk mengeringkan interior mobil. Salah satunya adalah dengan menggunakan hairdryer. Jika basahan hanya ada di permukaan saja, mungkin hal ini tak akan jadi masalah. Namun, bagaimana jika interior mobil mengalami basah secara menyeluruh karena terendam air bah?

baca juga: jasa cuci karpet masjid tangerang

Cara Mengeringkan Karpet Mobil

Bongkar Seluruh Isi Mobil Agar Udara Bisa Masuk

Jangan sepelekan air bah. Jika tak dibersihkan dengan seksama maka dapat menimbulkan korosi dan jamur pada interior mobil. Jika mobil Anda benar-benar terendam banjir, tak ada cara lain yang lebih baik dari pada mengeluarkan karpet dan jok mobil.

Bersihkan bagian dalam secara menyeluruh dengan lap atau kanebo.  Banjir yang merendam mobil biasanya akan meninggalkan kotoran berupa lumpur. Jika tak dibersihkan tentu akan meninggalkan aroma apek yang sangat mengganggu. Selain itu, juga dapat merusak bagian lain dari mobil Anda. Sayang sekali, bukan?

Cuci Karpet Mobil Dengan Benar

Bagian yang basah akibat banjir juga perlu dicuci dengan bersih. Endapan lumpur yang tersisa dipermukaan jok dan karpet dapat menghambat proses pengeringan. Tak hanya jok dan karpet saja yang perlu dibersihkan. Namun juga dashboard, setir dan bagian interior lainnya. Caranya sederhana yaitu dengan menggunakan lap kering.

Setelah itu, gunakan vacuum cleaner untuk menyedot sisa air yang masih tertinggal pada jok dan karpet. Ini dapat menjadi cara mengeringkan karpet dengan cepat dan meminimalisir waktu penjemuran.

baca juga: laundry karpet tangerang

Keringkan di Bawah Sinar Matahari

Sinar matahari juga memegang peranan penting untuk mengeringkan bagian interior yang basah. Jok dan karpet harus dijemur di tempat terbuka sehingga mendapatkan sinar matahari langsung. Sedangkan interior mobil yang tak bisa dilepas cukup dikeringkan dengan cara membuka seluruh pintu dan jendela mobil. Udara yang keluar dan masuk dapat juga membantu proses pengeringan.

Cara mengeringkan karpet mobil yang kena banjir memang membutuhkan waktu. Agar prosesnya berjalan lebih cepat, Anda bisa sesekali menggunakan blower untuk mendorong udara panas masuk ke dalam karpet.

Jika semua bagian interior mobil yang dikeluarkan tadi sudah dipastikan kering, maka sudah bisa dipasang kembali ke tempat semula. Namun, pastikan bagian dalam mobil juga sudah ada dalam kondisi kering sempurna.

Tambahkan pengharum mobil untuk mengusir sisa bau air bah. Dan yang paling penting, pastikan karpet dan jok dipasang dengan benar agar tak mengganggu kenyamanan pengguna mobil selain nyaman, juga aman untuk digunakan.

Hairdryer bisa menjadi salah satu cara mengeringkan karpet mobil. Namun hanya untuk kasus yang sederhana saja. Seperti terkena tumpahan minuman atau makanan, bukan yang disebabkan oleh banjir.