Manfaat Telur Asin bagi Kesehatan

Manfaat Telur Asin bagi Kesehatan

Manfaat Telur Asin bagi Kesehatan

Semenjak 2016, telur asin( salted egg) dapat dibilang naik kelas, dari dijajakan di pinggir jalur sampai saat ini digunakan bagaikan bumbu bonus untuk bermacam tipe santapan yang dihidangkan di restoran elegan seperti sajian sambal khas sambal bu rudy. Tetapi di balik popularitasnya, apakah terdapat khasiat telur asin untuk kesehatan? Ataupun, malah telur asin bisa membahayakan kesehatan?

Telur asin sesungguhnya merupakan telur fresh yang diolah dalam kondisi utuh dengan metode diasinkan supaya dapat lebih awet kala ditaruh. Tidak susah membuat telur asin sebab pada prinsipnya Kamu cuma memerlukan bahan utama berbentuk garam NaCl yang mempunyai konsentrasi 25- 40%.

Telur jadi asin sebab terdapatnya proses osmosis pada telur. Awal mulanya, garam NaCl hendak diganti jadi ion natrium( Na+) serta ion chlor( Cl-), setelah itu isi pada larutan garam ini hendak masuk ke dalam telur lewat pori- pori kulit telur mengarah ke bagian putih serta kesimpulannya ke kuning telur.

Apa kelainannya telur asin serta telur biasa?

Banyak metode buat mengganti telur biasa jadi telur asin, tetapi seluruh tata cara itu membutuhkan garam bagaikan perasanya. Metode sangat gampang merupakan dengan merendam telur di dalam larutan garam, tetapi terdapat pula orang yang membungkus telur dengan memakai kombinasi garam serta abu sikat ataupun tanah liat.

Langkah terakhir merupakan membiarkan telur dalam keadaan tersebut sepanjang paling tidak 2 minggu. Buat menikmatinya, Kamu wajib merebus telur terlebih dulu sampai matang sempurna( hard boiled).

Telur asin umumnya terbuat dari telur bebek yang mempunyai cangkang bercorak biru sebab telur bebek mempunyai ciri rasa serta aroma yang lebih kokoh dibandingkan telur ayam. Telur bebek fresh sendiri mempunyai isi protein sebesar 9, 30% sampai 11, 80%, lemak 11. 40- 13, 52%, gula 1, 50- 1, 74%, serta modul inorganik semacam mineral sebesar 1, 10- 1, 17%.

Pasti saja, dimasukkannya ion natrium serta ion chlor larutan garam dalam pembuatan telur asin berikan akibat pada isi nutrisi pada telur asin. Sehabis diasinkan, telur bebek hendak memiliki 14% protein, 16, 6% lemak, 4, 1% karbohidrat, serta 7, 5% modul inorganik.

Jumlah kolesterol yang tercantum dalam kuning telur asin malah lebih sedikit sehabis diasinkan, bergantung dari metode pengolahannya. Sedangkan itu, tidak terdapat pergantian kandungan asam amino yang tercantum dalam telur bebek sehabis serta saat sebelum diasinkan.

Dengan kata lain, terdapat sebagian khasiat telur asin untuk kesehatan yang bisa Kamu rasakan. Apa saja itu?

Khasiat telur asin untuk kesehatan

Pada dasarnya, khasiat telur asin yang dapat Kamu rasakan sama dengan khasiat telur bebek pada biasanya. Berikut sebagian khasiat telur asin secara lengkap yang dapat Kamu rasakan kala komsumsi secara teratur.

  • Diet ketogenik

Tidak hanya isi di atas, telur bebek pula kaya hendak asam lemak omega- 3, rendah karbohidrat, tetapi memiliki banyak lemak. Perihal ini membuat telur asin ialah sumber protein yang sesuai disantap oleh Kamu yang lagi menempuh diet ketogenik.

  • Melindungi kesehatan saraf

Khasiat telur asin ini didapat dari isi vit B12 serta kolin yang terdapat dalam telur. Kolin merupakan nutrisi berarti yang bisa menolong sistem saraf berbicara dengan mudah, sedangkan vit B12 bisa menolong Kamu menghindari bermacam penyakit saraf semacam kesusahan mengingat, ketidakseimbangan badan, serta rasa kilat letih.

  • Memantapkan hormon

Isi selenium pada telur asin bisa menolong memantapkan metabolisme hormon. Tidak hanya itu, selenium bisa tingkatkan kesuburan sekalian menolong melindungi kesehatan bakal anak pada bunda berbadan dua.

  • Menyehatkan tulang serta gigi

Bersumber pada riset yang diterbitkan pada Journal of Agricultural and Food Chemistry pada 2015, isi peptida pada putih telur bebek bisa memaksimalkan penyerapan kalsium oleh badan. Kalsium merupakan nutrisi yang berarti untuk pembuatan otot sekalian melindungi kesehatan tulang serta gigi.

  • Mencegah radikal bebas

Tidak hanya peptida, putih telur bebek pula memiliki antioksidan. Khasiat telur asin bersumber pada kandungannya yang satu ini, ialah bisa mencegah radikal leluasa yang dipercaya ialah biang kerok dari bermacam permasalahan kesehatan, semacam penyakit neurodegeneratif.

Dampak negatif telur asin pada kesehatan

Berkebalikan dengan khasiatnya, sumber protein yang gampang didapat ataupun terbuat ini pula memiliki dampak negatif untuk kesehatan. Salah satu bahan utama yang membuat telur asin tidak sehat merupakan isi garamnya.

Satu butir telur asin rata- rata memiliki lebih dari 10 gr garam, sementara itu ambang batasan nyaman garam cuma 1, 15- 2, 3 gr per hari. Mengkonsumsi santapan yang banyak memiliki garam hendak tingkatkan resiko Kamu terkena hipertensi di setelah itu hari.

Tidak hanya itu, satu butir kuning telur asin diprediksi memiliki 600 miligram kolesterol( bergantung metode mencernanya), alias 2 kali lipat dari saran total kolesterol yang nyaman Kamu mengkonsumsi per harinya.

Telah jadi rahasia universal kalau tingginya kandungan kolesterol bisa menimbulkan bermacam penyakit, semacam serbuan jantung serta stroke. Walaupun demikian, Kamu senantiasa bisa komsumsi telur asin sangat banyak satu butir per hari asal diimbangi dengan pola hidup sehat, misalnya mengkonsumsi sayur- mayur serta buah, dan giat olahraga.