Hal – Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Alat Bantu Berjalan

alat bantu berjalan

alat bantu berjalan

Seiring dengan bertambahnya usia, kita akan mengalami penurunan kesehatan, salah satunya adalah pada kemampuan berjalan. Otot dan lutut yang semakin lemah menjadi salah satu faktor banyak orang lanjut usia yang mengalami kesulitan dalam mengatur keseimbangan tubuh ketika berdiri dan ketika berjalan. Akibatnya banyak dari mereka yang mudah jatuh dan akhirnya mengalami cedera atau luka – luka. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi keadaan ini adalah dengan menggunakan alat bantu berjalan atau walkers. Alat bantu berjalan merupakan salah satu produk home care yang wajib untuk anda sediakan di rumah. Dengan adanya alat bantu berjalan, keseimbangan akan terjaga dan pengguna dapat berjalan dengan baik. Alat bantu berjalan sendiri terdiri dari berbagai macam jenis, seperti kruk, tongkat, walker, tongkat tripod, kursi roda, dan masih banyak yang lainnya. Pada dasarnya, alat bantu berjalan yang baik harus dapat memberikan bantuan keseimbangan yang baik dan nyaman ketika digunakan. Saat ini telah tersedia berbagai macam alat bantu berjalan dengan merk yang berbeda – beda dan kualitas yang berbeda – beda pula. Banyak dari produsen alat bantu berjalan juga semakin menyempurnakan desain produk mereka sehingga dapat lebih nyaman ketika harus digunakan.

 

Hal – Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Alat Bantu Berjalan

Tidak semua alat bantu berjalan dibuat sama. Terdapat perbedaan spesifikasi tergantung kebutuhan anda dan dimana anda akan menggunakannya. Contohnya saja beberapa alat bantu berjalan dibuat lebih sempit sehingga cocok untuk digunakan di dalam ruangan. Dengan bentuknya yang dibuat lebih sempit, pengguna dapat dengan mudah berjalan – jalan hingga ke sudut – sudut koridor rumah. 

Kemudian, beberapa alat bantu berjalan juga dibuat khusus untuk di luar ruangan, seperti untuk berjalan – jalan di taman atau berbelanja sendirian. Tentunya diperlukan bahan dan fitur yang tepat untuk mempermudahnya. Saat ini juga ada alat bantu berjalan yang lebih portable sehingga lebih mudah untuk dibawa dan digunakan. Nah, untuk mendapatkan alat bantu berjalan dengan kualitas terbaik dan sesuai dengan keadaan pengguna. Perhatikan beberapa hal berikut ini :

  1. Roda → Berapakah jumlah roda yang ada pada alat bantu berjalan pilihan anda ? Lihatlah juga ukuran roda dan ketebalan bannya. Ukuran dan ketebalan ban untuk penggunaan outdoor lebih besar dan tebal dibandingkan dengan untuk penggunaan indoor.
  2. Bingkai → Apabila alat bantu berjalan yang anda butuhkan adalah yang memiliki lebar yang sempit serta ringan, maka anda perlu memperhatikan dimensi pada rangka dan bahan yang digunakan. Apakah sudah cukup sempit, cukup lebar, dan tetap nyaman digunakan ? Bisakah anda melipat bingkainya agar mudah ketika harus disimpan atau dibawa kemana – mana ?
  3. Padding dan kenyamanan → Apakah alat bantu berjalan pilihan anda memiliki padding untuk menambah kenyamanan ketika dipegang ? Apakah alat bantu berjalan tersebut juga memiliki kursi atau bantalan untuk bersandar ?

 

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum memilih alat bantu berjalan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda. Sampai jumpa di kesempatan – kesempatan berikutnya !