Kupas Tuntas Semua Bahan Materi yang Ada di SBMPTN

Dengan mengupas tuntas semua materi yang ada di dalam soal SBMPTN , merupakan salah satu cara terbaik untuk belajar SBMPTN selain ikut bimbel jaminan masuk PTN UI ITB terbaik .

Nah, setelah mengerjakan beberapa paket soal yang ada, tentunya Kamu bisa mengetahui kira-kira ada materi apa saja yang muncul dalam SBMPTN.

Perhatikan dengan baik apakah semua materi yang ada di soal-soal SBMPTN diambil dari kelas 10 sampai kelas 12? Atau hanya diambil beberapa materi saja? Nah, mengetahui dengan pasti materi apa saja yang ada di dalam SBMPTN juga akan membantu Kamu untuk belajar lebih mudah.

Tak hanya itu, cara belajar Kamu juga bisa lebih mudah serta efektif. Kamu bisa mengupas dengan tuntas setiap materi yang ada dalam soal SBMPTN. Mungkin jika diperlukan, Kamu bisa membuat beberapa catatan penting untuk membantumu belajar.

Mengupas tuntas semua materi yang ada di SBMPTN akan membantu Kamu untuk bisa mengerjakan soal lebih mudah dan cepat. Jadi, tunggu apalagi? Cara yang satu ini sangat direkomendasikan untuk Kamu lakukan.

Nah, tips yang bisa Kamu lakukan untuk cara ini ialah, dengan menuliskan beberapa rumus atau istilah penting yang kemungkinan akan keluar pada soal. Jadi, ketika Kamu belajar dan lupa rumusnya, Kamu bisa langsung membuka catatan yang sudah dibuat.

4. Membuat Jadwal Belajar SBMPTN

Selain beberapa cara yang sudah disebutkan di atas, cara yang satu ini juga menjadi salah satu cara yang harus dilakukan. Mungkin, sebagian dari Kamu yang tidak terlalu berpatokan dengan jadwal belajar, ini akan menjadi sebuah beban.

Atau, buat Kamu yang sedang belajar untuk persiapan Ujian Nasional, juga akan memikirkannya kembali. Nah, buat Kamu yang malas untuk membuat jadwal belajar, mungkin Kamu bisa membaca beberapa pertimbangan yang ada di bawah ini:

  • Dengan membuat jadwal belajar, Kamu akan memiliki gambaran sampai hari H. Hal ini dapat membantu Kamu untuk mengetahui dengan pasti berapa banyak waktu yang tersisa lagi untuk Kamu manfaatkan sampai hari ujian tiba.
  • Dengan membuat jadwal belajar juga akan membantu Kamu untuk mengalokasikan semua materi yang perlu diulang dan beberapa soal yang perlu dikerjakan. Nah, dengan cara yang satu ini tentu akan sangat membantu Kamu agar bisa mengerjakan berbagai macam soal dengan variasi apapun.
  • Sebagai alarm pengingat untuk terus belajar. Maksudnya adalah, ketika Kamu menuliskan target di jadwal yang telah dibuat, misalnya menguasai materi tentang sel hewan sebelum tanggal 25 Februari, maka Kamu harus bisa melakukan itu. Jika lalai dengan target yang dibuat tersebut, paling tidak Kamu akan berpikir bahwa ada hutang materi yang harus dipenuhi.

Nah, dengan adanya jadwal yang satu ini tentu akan sangat membantu Kamu agar lebih konsisten dan disiplin dalam belajar. Jangan lupa untuk membuat beberapa target, baik itu target mingguan ataupun target bulanan. Nah, dengan cara ini Kamu akan lebih cepat menguasai beberapa materi yang ada di soal SBMPTN.

5. Mengulang Semua Materi

Mengulang atau me-review semua materi merupakan bagian yang paling penting. Nah, dalam tahap yang satu ini yang harus Kamu lakukan ialah dengan belajar, belajar dan terus belajar. Mungkin Kamu akan berpikiran bahwa cara yang satu ini merupakan cara yang mudah untuk dilakukan karena Kamu hanya tinggal belajar dan mengulang semua materi yang sudah dicatat.

Namun, ternyata pemikiran tersebut salah besar. Ada dua kesalahan yang sering dilakukan oleh para pelajar ketika mereka belajar SBMPTN.

Berikut ini kesalahan umum yang kerap dilakukan saat belajar materi SBMPTN:

  • Langsung Berlatih Soal Campuran

Kesalahan pertama dan paling utama yang banyak dilakukan oleh sebagian besar orang ialah langsung belajar soal campuran. Tentu, cara tersebut merupakan cara yang paling fatal dan bisa membuat cara belajar Kamu menjadi sia-sia.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Ini karena, meskipun Kamu sudah berlatih berbagai macam jenis soal setiap harinya, tapi Kamu tidak mendalami setiap materi yang ada pada soal tersebut, maka hal yang satu ini merupakan hal yang membuat Kamu rugi.

Alangkah baiknya untuk mendalami satu materi terlebih dahulu. Setelah itu, carilah contoh soal yang berkaitan dengan materi tersebut. Jika Kamu merasa sudah menguasai hampir sebagian besar materi yang ada di soal SBMPTN, maka langkah berikutnya ialah dengan mengerjakan soal campuran.

  • Terlalu Asik Belajar Materi

Nah, untuk kesalahan umum yang kedua merupakan kebalikan dari kesalahan pertama. Tidak sedikit dari mereka yang justru lebih asyik belajar materi ketimbag latihan soal. Meski memperdalam materi yang ada itu sangat penting, namun jangan sampai lupa untuk melatih otak Kamu dengan berbagai macam latihan soal.

Dengan belajar latihan soal Kamu akan mengetahui berapa tingkat kesulitan yang harus dihadapi dan bagaimana cara menyelesaikannya. Pastikan bahwa belajar materi dan latihan soal itu seimbang.