Asal Usul Candi Ratu Boko Jogja

candi ratu boko jogja nalatra.com

Halo pecinta layanan travel jakarta jogja kali ini kami akan bercerita singkat tentang objek wisata yang cukup layak untuk dikunjungi saat liburan nanti bersama anggota keluarga ataupun pasangah hidup anda. Tempat ini memiliki nilai histori peninggalan dan warisan budaya orang terdahulu yang wajib kita jaga dan lestarikan.

candi ratu boko jogja nalatra.com

Nama tempat ini adalah Candi Ratu Boko. Secara manjemen administrasi, Lokasi destinasi wisata ini tergabung dalam pengelola kawasan wisata prambanan borobudur. Sekalipun namanya candi, bila kita mendatangi tempat ini tak ada satupun candi yang berada disini, yang tersedia hanyalah puing puing bebatuan sisa dari kompleks kerajaan pada masa lampau.

Penamaan candi ratu boko entah datang dari mana, yang jelas di lokasi Ratu Boko banyak reruntuhan bangunan batu yang mirip dengan candi. Maka tak heran bila para pengunjung memberi nama tempat ini sebagai candi ratu boko.

Bagi pengunjung yang datang ke tempat ini bisa dilakukan setiap saat, karena pengelola membukan kawasan wisata ini mulai pagi hingga petang. Sejak covid 19 melanda dunia, pengungjung yang datang ke tempat ini wajib mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pengelola.

Dari candi prambanan, anda bisa berjalan sejauh tiga kilometer menuju area kompleks candi  Ratu Boko. Karena terletak di dataran tinggi, dari tempat ini anda bisa menyaksikan panorama alam yang cukup memanjakan mata.

Sebetulnya tempat ini lebih layan disebut sebagai Kraton Ratu Boko. konon, Keraton yang kini hanya tersisa bongkahan nya jasa adalah kepunyaan dari Ratu Boko, bapak dari Lara Jonggrang. Wangsa Syailendra yang kental dengan ajaran budha adalah inisitor pendirian candi ratu boko yang diperkirakan selesai dibangun pada r abad ke delapan.

Banyak perdebatan mengenai kepastian apakah ini candi hindu atapun candi budha. Ini semua dikarenan peraliahan kekuasaan Kraton Ratu Boko yang dikuasai oleh kerajaan Mataram Hindu. Tak heran bila hingga kini  bangunan Kraton Boko kental dengan nuansa budha dan hindu.

Terlepas kontroversi penyebutan nama candi dan keraton, tempat ini adalah sebuah lokasi wisata yang mampu memberikan pesona bagi setiap pengunjung. Anda mungkin pernah datang ke borobudur ataupun prambanan, Sekarang lengkapi koleksi foto wisata anda dengan mengunjungi candi ratu boko.