Kerajinan Boneka Sabut Kelapa Yang Mudah Dibuat

Kerajinan Boneka Sabut Kelapa

Cara mengurangi limbah kelapa adalah dengan kerajinan tangan. Dan salah satunya membuat kerajinan boneka sabut kelapa.

Inovasi ini hanyalah satu hal. Banyak inovasi yang dibuat dari bahan kelapa kelapa, misalnya: Cocomesh jaring sabut kelapa, Cocopot, Cocosheet dan lain-lain.

Kerajinan

Kerajinan adalah upaya mengurangi sampah baik organik maupun anorganik. Kedua jenis sampah tersebut dapat didaur ulang menjadi kerajinan dari barang bekas yang sangat bagus.

Kerajinan Boneka Sabut Kelapa

Kerajinan Boneka Sabut Kelapa

Sabut kelapa merupakan salah satu barang yang sering kita jumpai di daerah tropis Indonesia. Secara umum tidak banyak orang yang mau menggunakan kelapa, bahkan batok kelapa pun terbuang percuma di negeri ini.

Sampah tidak selalu hanya sampah. Dengan sedikit kreativitas, barang-barang yang tidak berharga bisa berubah menjadi ATM, contoh pembuatan boneka dari limbah kelapa.

Sisa-sisa kelapa, terkadang dibiarkan begitu saja, sebenarnya bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan boneka. Boneka buah kelapa yang unik ini terdiri dari berbagai macam motif dan model, sehingga sangat diminati oleh warga.

Cara Membuat Kerajinan Boneka Sabut Kelapa

Kerajinan Boneka Sabut Kelapa

Alat – alat :

Untuk membuat boneka dari batok kelapa, pertama-tama perlu menyiapkan semua peralatan yang diperlukan.

  • Sabut kelapa dalam kondisi baik
  • Benang wol dalam berbagai warna
  • gunting
  • Gelas plastik
  • Mutiara
  • Cat dan kuas kayu
  • Kertas manila dengan warna berbeda
  • Pistol lem panas dan lem kertas
  • Kotak sepatu bekas
  • Cabang dan hiasan daun

Cara Membuat Kerajinan Boneka Sabut Kelapa:

  1. Ambil batok kelapa kering dan bentuk menjadi segitiga
  2. Kemudian bentuknya menjadi seperti sarang burung
  3. Ambil benang wol dan bungkus di sekitar gelas plastik 100 kali.
  4. Ambil simpul benang perlahan dan ikat bagian tengahnya.
  5. Lalu potonglah bagian bawah dan atasnya sehingga membentuk lingkaran kecil dan besar.
  6. Lakukan semuanya lagi dengan benang berwarna berbeda.
  7. Setelah itu semua boneka dihiasi manik-manik untuk mata, kemudian ranting dan daun yang terbuat dari serabut kelapa ditempelkan di sarang burung walet.
  8. Taruh boneka di atas.

Mengapa Kerajinan Kelapa Kelapa Paling Diminati

  1. Sabut Kelapa memiliki struktur yang kuat sehingga tahan lama dan tahan lama saat digunakan sebagai kerajinan.
  2. Warna kelapanya coklat dan memberikan tampilan yang natural.
  3. Tema rustic, natural, dan vintage saat ini sedang banyak bermunculan, sehingga kerajinan sabut kelapa sangat cocok dijadikan dekorasi untuk tema ini.
  4. Tahan terhadap dekomposisi dan air laut.

Olahan Kerajinan Lain Sabut Kelapa

Olahan Lain Sabut Kelapa

1. Tali rami Sabut Kelapa

Kapal kelapa pertama adalah tali rami. Kerajinan kelapa ini juga menjadi salah satu kerajinan yang paling banyak diminta karena sedang trend.

Tren kerajinan vintage memiliki keindahan tersendiri karena dapat meninggalkan kesan yang natural. Banyak orang membuat kerajinan tangan vintage untuk dijual atau untuk digunakan sendiri.

Nah, salah satu perlengkapan yang bisa Anda gunakan untuk membuat kerajinan vintage adalah tali rami ini. Anda dapat menggunakan tali rami untuk mengikat hadiah, menggantung foto, aksesori, proyek DIY, dan bahan kreatif lainnya

2. Matras Sabut Kelapa

Kerajinan kelapa berikutnya yang diinginkan banyak orang adalah alas kelapa kelapa. Padahal, banyak pembeli alas batok kelapa yang berasal dari Jakarta.

Hal ini dikarenakan baru-baru ini telah beredar kabar mengenai ular atau ular muda yang keluar dari sarangnya. Dengan itu, membuat beberapa warga kota resah dengan kabar viral ini. Tapi apa hubungannya ular itu dengan alas batok kelapa?

Padahal, alas batok kelapa dimaksudkan untuk mencegah masuknya ular ke dalam rumah karena ular takut dengan batok kelapa. Sejauh ini, beberapa pengrajin tikar batok kelapa mengalami peningkatan penjualan.

Keset kelapa juga memiliki model dan ukuran yang berbeda. Semakin besar matrasnya, semakin besar tingkat kesulitannya dan tentunya semakin mahal.

Untuk memberikan kesan estetika, beberapa hotel dan restoran juga menggunakan alas dari sabut kelapa sebagai pengganti alas karet. Keset kelapa juga dinilai lebih awet dan tahan lama.

3. Sapu Sabut Kelapa

Kerajinan batok kelapa yang masih bertahan pada pergantian milenium ini mungkin terkesan jadul, namun sangat fungsional. Ya, sapu batok kelapa masih belum mau kalah dengan sapu modern saat ini.

Kebanyakan orang mungkin masih menggunakan sapu tempurung kelapa dengan alasan debu lebih mudah dibersihkan, lebih murah, lebih tahan lama, dan lebih ramah lingkungan.

Alasannya adalah kebanyakan sapu modern saat ini terbuat dari plastik sintetis yang tidak akan tahan lama. Sapu plastik tidak hanya lebih mahal, tapi juga tidak ramah lingkungan.

Sedangkan harga kocokan batok kelapa hanya berkisar antara Rp5.000 hingga Rp30.000. Apalagi jika Anda membelinya langsung dari pengrajinnya, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan jika Anda sudah berada di toko atau toko.

4. Pot Tanaman

Buat kamu yang gemar bercocok tanam dan bercocok tanam, sepertinya salah satu kerajinan batok kelapa ini wajib kamu miliki. Ya, tanaman pot batok kelapa.

Batok kelapa bukan sekedar pot, bisa juga digunakan sebagai media tanam. Jadi tidak perlu menambahkan tanah lagi atau bisa menggunakan sabut kelapa.

Tanaman yang biasanya menggunakan tanaman pot tempurung kelapa adalah anggrek. Panci dengan warna dan bahan yang menyatu dengan alam juga membuatnya terlihat lebih bagus, lebih bagus dan natural

5. Dekorasi Cincin

Apakah Anda suka mendekorasi rumah, ulang tahun atau pernikahan dengan tema rustic dan vintage? Nampaknya kerajinan batok kelapa berbentuk cincin hias ini wajib dimiliki.

Selain kesan estetis, cincin hias juga bisa dipadukan dengan dekorasi lainnya. Misalnya ditambah bunga kering ditambah inisial nama dan sebagainya.

Dekorasi cincin juga bisa digunakan untuk wadah kado, wadah perhiasan pernikahan hingga panjang pintu depan. Harganya juga cukup terjangkau dibandingkan cincin hias berbahan akar rotan.

Harga cincin hiasan buatan tangan dari sabut kelapa ini berkisar antara Rp 9.000 sampai puluhan ribu rupiah. Beragam seni hias dan kerajinan dari batok kelapa dinilai tidak hanya cantik, tapi juga murah.

Itulah ulasan mengenai kerajinan boneka sabut kelapa yang bisa kamu inovasi. Semoga bermanfaat.