Mambuat pakan keong mas untuk unggas

Pemanfaatan keong mas menjadi salah satu bahan campuran pakan ternak yang juga bermanfaat bagi para petani, karena keong mas adalah jenis hama pada dunia pertanian yang populasinya cukup banyak.

Menggunakan keong mas sebagai bahan pakan akan membantu para petani dalam memusnahkannya, maka penggunaannya dengan cara diolah menjadi tepung dan dapat meningkatkan kualitas produksi ternak khususnya bebek.

Kandungannya menjadi sumber protein bagi ternak khususnya bebek peking, karena sudah terbukti dari beberapa penelitian pemberian jenis pakan keong mas dapat meningkatkan produksi telur dan bobot.

Memberikan keong mas dalam bentuk pakan sebesar 10% saja berbentuk tepung, maka akan meningkatkan proses produksi telur mencapai 80% dan proses pertumbuhan bobot menjadi lebih cepat.

Cara Pengolahan Keong Mas untuk Pakan Unggas

Pengolahan keong mas menjadi sebuah tepung dan yang pertama bisa dilakukan adalah mengumpulkan keong mas dari sungai ataupun sawah, kemudian letak pada wadah khusus jangan diberi makan selama 2 hari.

Pisahkan cangkang dan daging keong, kemudian iris dagingnya tipis-tipis dan jemur dibawah sinar matahari hingga kering atau bisa menggunakan oven dalam pengeringan tersebut dengan panas 60 oC.

Proses pengeringan tersebut agar kadar air pada daging berkurang, setelah itu baru daging-daging keong memasuki penggilingan yang membuatnya berubah menjadi sebuah tepung dan tepung tersebut sudah bisa digunakan.

Mengolah silase keong mas bisa dilakukan bagi para peternak dengan cara pisahkan daging keong dari cangkangnya, lalu bersihkan dengan air bisa hingga bersih dan lanjutkan pembersihan daging menggunakan air garam.

Setelah itu, lakukan pencucian selanjutnya untuk menghilangkan racun menggunakan air kapur dan kemudian daging-daging tersebut bisa langsung digiling bersama bekatul dengan perbandingan 4:1.

Hasil penggilingan daging keong mas bersama bekatul dimasukan kedalam plastik dan tutup hingga rapat, lalu diamkan hingga 12 hari agar terjadi fermentasi lebih optimal dan setelah itu sudah bisa digunakan sebagai pakan ternak.

Kandungan-kandungan yang dimiliki keong mas berbentuk tepung ataupun silase, karena setiap penggunaan keong mas 100 gram yang dimakan unggas akan memiliki komposisi gizi berbeda loh yaitu:

  • Energi (90 kkal)
  • Protein (16,1 g)
  • Karbohidrat (2 g)
  • Lemak (1,4 g)
  • Magnesium (250 mg)
  • Kalsium (170 mg)
  • Zat besi (3,5 mg)
  • Fosfor (272 mg)
  • Kalium (382 mg)
  • Niacin (1,4 mg)
  • Folat (6 mg)
  • Vitamin A (100 IU)
  • Vitamin E (5 mg)

Penggunaan jenis pakan keong mas juga harus benar-benar diperhatikan dan akan lebih baik jika direbus terlebih dahulu sekitar 15-20 menit, karena untuk menghilangkan bakteri jahat yang menempel.

Merebus keong mas sebelum diberikan juga menghilangkan zat anti nutrisi, berupa Enzim Thiaminase yang berasal dari lendir tersebut jika tidak dihilangkan akan menghambat pertumbuhan unggas.

Enzim Thiaminase pada keong mas dalam ransum akan menurunkan produksi telur, menghambat pertumbuhan, merusak thiamin (Vitamin B1 atau senyawa penting untuk metabolisme).

Ternak yang tidak sengaja mengkonsumsi Thiaminase memiliki gejala seperti penurunan berat badan dengan singkat dan lemas, karena ternak tidak dapat menggunakan energinya.