Cara bersihkan kompor dengan pemanas air tenaga surya

Anda dapat menggunakan air hangat dari pemanas air tenaga surya untuk membersihkan permukaan kompor.

Permukaan kompor pasti akan lebih sering karena terpapar percikan minyak dan juga berbagai jenis percikan makanan.

Itulah yang menyebabkan permukaan kompor dapat mengeras bahwa karena tongkat minyak yang dioperasikan sebelumnya tidak segera dibersihkan.

Selain itu, permukaan kompor kotor, harus ada banyak kuman dan bakteri yang terpasang.

Ini bisa membuat Anda kurang nyaman saat memasak. Untuk itu penting bahwa Anda dapat membersihkan permukaan kompor. Inilah cara yang bisa Anda lakukan.

 

Cara Membersihkan Kompor Dengan Pemanas Air Tenaga Surya

Cara untuk membersihkan permukaan kompor terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu menggunakan lap kering atau lap basah saja. Jika dengan menggunakan lap kering kotoran atau cipratan tersebut sudah hilang maka Anda tidak perlu menggunakan lap basah. Namun lap basah tersebut bisa Anda gunakan jika cipratan atau kotorannya sulit untuk hilang.

  1. Pertama pastikan jika Anda sudah mematikan kompor atau permukaan kompor dalam keadaan yang dingin.
  2. Selanjutnya lepas semua komponen pada kompor tersebut agar Anda lebih mudah untuk membersihkannya. Seperti burner dan tungku. Dengan begitu Anda bisa membersihkan tungku hingga ke bagian sela atau dalam kompor dengan lebih mudah.
  3. Hilangkan kotoran yang lebih mudah untuk hilang menggunakan lap kering atau tisu.
  4. Kemudian isi baskom dengan air panas dan juga cairan pembersih atau sabun sampai berbusa. Anda bisa menggunakan air panas dari solar water heater agar lebih praktis dan cepat.
  5. Dengan menggunakan spons yang memiliki permukaan yang kasar, bersihkan permukaan kompor tersebut. Jangan lupa untuk menyelupkan spons tersebut pada campuran air panas dan juga sabun.
  6. Untuk bagian yang lebih sulit dijangkau atau kecil gunakanlah sikat gigi bekas untuk menghilangkan nodanya.
  7. Terakhir Anda bisa menggunakan lap basah yang bersih untuk menghilangkan sisa sabun dari permukaan kompor.

Penggunaan air panas dari pemanas air tenaga matahari bisa membantu untuk mengikis kotoran yang sulit hilang dari permukaan kompor. Sehingga ketika Anda membersihkan kompor juga akan lebih cepat dan tidak perlu menggosoknya terlalu keras. Sedangkan penggunaan sabun juga bisa membantu menghilangkan kotoran dan juga bau.

Sabun pembersih tersebut memang tidak bermasalah untuk digunakan membersihkan permukaan kompor. Akan tetapi lebih baik jika Anda menggunakan pembersih alami. Misalnya seperti perasan air lemon, abu gosok, baking soda, atau cuka. Hal ini karena sabun pembersih tersebut sudah pasti mengandung bahan kimia yang mungkin bisa berbahaya untuk tubuh.

Demikian adalah artikel mengenai penggunaan air panas dari pemanas air tenaga surya untuk membersihkan kompor. Gunakan perangkat ini agar prosesnya jauh lebih mudah dan cepat.