Hikmah Aqiqah Cimahi yang Harus Diketahui

Hikmah Aqiqah Cimahi – Bagi Muslim, tentu aqiqah ini mempunyai makna tersendiri. Tidak hanya sekedar prosesi penyembelihan kambing dan kemudian dibagi-bagikan kepada sanak saudara, namun lebih ke rasa bersyukur kepada Allah SWT atas karunai anak yang telah diberikannya.

Seiring dengan berjalannya waktu, aqiqah mulai banyak dilakukan di berbagai wilayah dan tidak terkecuali di Cimahi, Bandung dan sekitarnya. semakin banyak orang yang melakukan aqiqah ini memang tidak hanya karena anjuran aqiqah yang hukumnya sunnah muakkad.

Namun ternyata dibalik ibadah aqiqah ini ada banyak hikmah yang bisa didapatkan. Nah, apa saja sih hikmah dari aqiqah ini? Untuk lebih jelasnya bisa anda simak ulasannya sebagai berikut.

Hikmah Aqiqah Cimahi Bagi Muslim

Selain merupakan wujud syukur kepada Allah SWT atas amanah dan karunia anak yang telah diberikan, aqiqah ini mempunyai hikmah-hikmah lainnya bagi seorang muslim. Dengan mengetahui hikmah ini, tentunya akan menambah semangat bagi orang tua untuk selalu tetap melaksanakan aqiqah.

Menurut Syaikh Abdullah Nashih Ulwan, ada beberapa hikmah mengapa seorang Muslim dianjurkan melaksanakan aqiqah dan diantaranya ialah sebagai berikut:

Pertama, menghidupkan sunnah Rosulullah. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa hukum aqiqah ini ialah sunnah muakkad. Sangat dianjurkan bagi seorang Muslim, khususnya mereka yang mempunyai kemampuan materi.

Melaksanakan aqiqah ini juga berarti meneladani apa yang telah dilakukan oleh sahabat dan orang-orang sholeh pada zaman Rosulullah. Seperti halnya yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim atas kelahiran nabi Ismail.

Kedua, melaksanakan aqiqah ini tidak hanya serta merta meneladani Nabi Muhammad, namun juga bermanfaat untuk anak yang dilahirkan itu sendiri, yakni sebagai upaya perlindungan dari syaitan.

Seperti yang dijelaskan pada hadits tentang aqiqah sebagai berikut:

“Setiap anak itu tergadai dengan aqiqahnya.”. Sehingga Anak yang telah ditunaikan aqiqahnya insya Allah lebih terlindung dari gangguan syaithan yang sering mengganggu anak-anak. Hal inilah yang dimaksud oleh Al Imam Ibunu Al Qayyim Al Jauziyah “bahwa lepasnya dia dari syaithan tergadai oleh aqiqahnya”.

Ketiga, mendatangkan syafaat bagi kedua orang tua kelak di akherat. Siapa sih orang tua yang tidak ingin mendapatkan syafaat ketika kelak dihari perhitungan? Tentu saja semuanya ingin bukan. Nah, dengan beraqiqah ini sebagai salah satu ikhtiar untuk mendapatkannya kelak di hari akhir.

Seperti yang disampaikan oleh Imam Ahmad: “Dia tergadai dari memberikan Syafaat bagi kedua orang tuanya (dengan aqiqahnya)”.

Keempat, sarana mendekatkan diri pada Allah. segala sesuatu ibadah yang dilakukan oleh seorang Muslim selain mengharap pahala dari Allah, yang terpenting ialah mendapatkan ridho Allah. jika Allah sudah ridho, maka in syaa Allah pahala pun akan mengalir.

Seperti halnya dengan aqiqah ini merupakan sarana mendekatkan diri kepada Allah dan sarana menggapai ridho-Nya serta juga menjadi media untuk mewujudkan rasa syukur kepada Allah SWT.

Kelima, Sarana Dakwah. Dulu aqiqah ini memang sebanyak  sekarang. Tidak banyak orang yang melakukan aqiqah karena memang belum tahu. Namun saat ini semakin banyaknya orang tua yang beraqiqah ini juga menimbulkan rasa ingin kepada orang tua lainnya untuk juga melaksanakan aqiqah.

Dengan demikian, syariat Islam pun bisa terlaksana dalam skala yang besar dan pastinya akan menambah banyak jumlah umat Muslim yang hidup di dunia ini.

Nah, itulah setidaknya 5 hikmah aqiqah Cimahi yang bisa anda ketahui. Setelah paham hikmah aqiqah di atas, tentunya sayang sekali bukan jika tidak melaksanan aqiqah Cimahi? Apalagi ibadah tersebut hanya dilakukan sekali seumur hidup dan biaya pun juga ringan seperti halnya paket aqiqah Cimahi dari Assabiq Aqiqah.