Kode Anti Copas untuk Blog: Cara Mematikan Fungsi Klik Kanan

Jika Anda ingin melindungi konten blog (posting, menulis) sehingga tidak dapat disalin paste (salin) atau dicuri oleh pengguna, maka gunakan kode anti-copas dengan mematikan fungsi klik kanan mouse (Nonaktifkan klik kanan ), juga mematikan fungsi Ctrl + C, nonaktifkan teks pilih, bahkan dapat menonaktifkan Ctrl + P.

Berikut adalah beberapa kode yang dapat dipasang di template blog untuk melindungi blog blogspot dari copas dan plageator (plagiarist).

Ada 4 kode, memulai level “kurang aman”, “aman”, “lebih aman”, sampai “sangat aman”.

Namun, secara singkat pertama … tidak ada catatan. Pengguna yang “melek huruf” dan / atau memahami masalah JavaSript masih masih bisa “mengutak-atik” jika Anda ingin menyalin posting blog Anda.

Lagi pula, menurut banyak orang, matikan fungsi klik kanan dan Ctrl + C (salin), “Ini bukan usia”. Sekarang usianya adalah sedekah. Mari kita salin posting kita, ‘Bisakah Anda menghargai itu! Amin …..!

Masih menurut banyak orang (blog blogger / SEO ahli), matikan fungsi klik kanan atau instal kode anti-salin, akan membuat pengguna “marah” dan tidak lagi ingin membuka blog kami.

 

Artinya, ada potensi penurunan pengunjung. Kerugian mematikan fungsi klik kanan pada blog selengkapnya bisa dibaca di laman Site Point.

Tapi, jika Anda “keukeuh” ingin melindungi konten blog dari “pencurian” berupa Copas, apalagi tanpa menyebutkan sumber (link blog Anda), maka ini dia kode-kode untuk mematikan fungsi klik kanan, anti-copas, anti Ctrl+C (Copy), anti Ctrl+P (Print), anti Ctrl+U (View Source Code).

Intinya, blog Anda cuma bisa dibaca doang! Memang itu kan (buat dibaca) kita menulis artikel di blog, bukan untuk dicopas?

 

Baca juga : jual template wordpress

4 Kode Anti Copas untuk Mematikan Fungsi Klik Kanan Mouse

KODE ANTI COPAS #1

Kode berikut ini mematikan fungsi klik kanan, sekaligus memunculkan pesan dari Anda sebagai blogger.

1. Klik “Lay Out”
2. Klik “Add Gadget” (posisi widget bebas, di mana saja)
3. Pilih “Javascript/HTML”
4. Copy + Paste kode berikut ini di kotak yang tersedia:

<script> var message=”Hayo…! Mau copas ya? Boleh, tapi cantumkan sumber!”;
///////////////////////////////////
function clickIE4(){if (event.button==2){alert(message);return false;}} function clickNS4(e){if (document.layers||document.getElementById&&!document.all){if (e.which==2||e.which==3){alert(message);return false;}}} if (document.layers){document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS4;} else if (document.all&&!document.getElementById){document.onmousedown=clickIE4;} document.oncontextmenu=new Function(“alert(message);return false”)</script>

5. Save!

Perhatikan tulisan berwarna merah yang bisa Anda ganti.

Kode di atas masih memungkinkan “Select Text” dan Ctrl+C. Artinya, konten blog Anda masih bisa dicopy.

Paling tidak, meski masih bisa di-copas, dengan menggunakan kode di atas, kita bisa ngasih peringatan agar “tukang copas” tadi menyebutkan sumbernya.

KODE ANTI COPAS #2

Kode berikut ini “maqomnya” lebih tinggi dari kode di atas.

Artinya, kode anti copas nomor dua ini sama sekali mematikan klik kanan, tidak bisa “select text”, dan mematikan fungsi Ctrl+C keyboard. Namun, konten blog kita masih bisa dicopy dengan cara Ctrl+P (Print). Di sana “sang copaser” masih bisa “Select Text” and “Copy” tulisan di blog kita.

Ini dia kodenya (Cara memasangnya sama dengan Kode Anti Copas No. 1).

<script language=’JavaScript1.2′>
function disableselect(e){
return false
}
function reEnable(){
return true
}
document.onselectstart=new Function (“return false”)
if (window.sidebar){
document.onmousedown=disableselect