Cara Melakukan Perawatan Bus Reguler Maupun Bus Pariwisata

cara melakukan perawatan bus

Cara Melakukan Perawatan Bus – Bus adalah salah satu pilihan transportasi darat terbaik, begitu juga kereta yang biasanya membludak menjelang hari raya Idul Fitri tiap tahunnya. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan kondisi bus prima atau tidaknya agar tidak menimbulkan masalah saat berpergian.

Mengingat pentingnya dan besar kapasitas moda transportasi ini, pemerintah mendesak seluruh operator bus untuk meningkatkan perawatan bus agar dalam memberikan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

Bagi mereka yang menggunakan transportasi bus atau menawarkan fasilitas persewaan bus untuk tujuan pulang-pergi atau tamasya, terlebih masyarakat Jawa Barat sangat antusias untuk berlibur menggunakan jasa bus Bandung dari berbagai layanan agen perjalanan. berikut beberapa tips bagaimana agar bus Anda tetap aman dan nyaman saat bepergian :

  • Periksa semua fasilitas bus

Fasilitas bus sering digunakan untuk perjalanan jarak jauh maupun pendek, yang merupakan aspek penting untuk menjamin keamanan dan kenyamanan saat berpergian. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemeriksaan dan perawatan semua fasilitas bus agar semua fungsi dapat berjalan dengan baik.

  • Posisi atau Jok harus digunakan dengan benar dan berfungsi dengan baik
  • Cek Unit AC yang berfungsi untuk pendingin ruangan
  • Fasilitas hiburan seperti TV, DVD dan karaoke dapat digunakan tanpa masalah
  • Toilet harus bisa berfungsi dengan baik
  • Perangkat elektronik lain seperti hub, charger, dan router WiFi dapat digunakan dengan baik.
  • Ada keadaan darurat dan kotak pertolongan pertama (kotak P3K)

Cek Kelengkapan Armada Bus

Komponen komponen bus harus diperiksa secara rutin dan mendetail agar tidak menimbulkan kerusakan ataupun masalah yang menyangkut keselamatan penumpang 

  1. Periksa bagian-bagian mesin bus dimulai dari bagian terkecil seperti baut dan mur, dan pastikan tidak ada kebocoran pada selang, bensin, oli atau air.
  2. Pengecekan kondisi rem sangatlah penting. Dimulai dengan fungsi rem dan sistem rem. Kerusakan rem yang salah bisa menjadi penyebab utama kecelakaan. Tabrakan terakhir terjadi di Tol Cipularang dan melibatkan 24 kendaraan. Kerusakan rem diklaim menjadi penyebabnya. Oleh karena itu, pastikan sistem throttle berfungsi dengan baik.
  3. Anda juga perlu mengecek kondisi ban. Pasalnya, ban yang rusak atau tipis juga bisa menyebabkan kecelakaan. Beberapa masalah yang bisa terjadi akibat masalah ban antara lain: Ban tersumbat dan licin serta dapat meledak saat digunakan. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.
  4. Periksa peralatan listrik yang dipasang di armada bus. Termasuk lampu pra-instal dan persyaratan penerangan kabel. Hindari korsleting yang dapat menyebabkan kebakaran. Kondisi cahaya sangat penting terutama saat bepergian pada malam hari. Selain itu, lampu sein harus digunakan dengan benar untuk mencegah tabrakan.
  5. Periksa oli mesin secara teratur. Hal ini dikarenakan sangat mempengaruhi keselamatan mesin dan biasanya mesin kendaraan digunakan.

Perbaikilah Segera Kerusakan Sekecil Apapun

Perawatan yang tepat juga mencakup respons untuk meminimalkan kerusakan. Karena jika tidak ditangani, kerusakan sekecil apapun bisa jadi serius dan membahayakan.

Setelah kerusakan terdeteksi, perbaiki sesegera mungkin. Atau jadwal perbaikan jika membutuhkan pelayanan yang baik agar performa armada bus pariwisata bisa tetap terjaga.

Itulah beberapa tips Cara Melakukan Perawatan Bus, jika anda berminat untuk sewa bus pariwisata Bandung, anda dapat menghubungi langsung ke marjayatrans.com