Cara Belajar Nyetir Mobil Transmisi Manual Untuk Pemula

Cara Belajar Nyetir Mobil Transmisi Manual Untuk Pemula

Fossilflowers.org Bukan rahasia lagi bila tiap rumah memiliki kendaraan, bahkan jumlahnya melebihi 1. Itu karena kendaraan digunakan untuk menunjang mobilitas sehari-hari. Kendaraan roda dua maupun roda empat, banyak sekali ditemukan. Apalagi dikita besar seperti Jakarta maupun bandung. Tak heran bila banyak jasa belajar stir mobil seperti kursus mengemudi bandung. Karena makin menjamurnya kendaraan murah dan makin banyaknya finance atau pembiyaan pembelian kendaraan.

Bagi pemula, nyetir mobil dengan transmisi manual tidak sulit-sulit amat gengs. Hanya membutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam belajar. Dalam belajar mengemudi diawal, sebaiknya menggunakan lapangan terbuka atau tempat yang luas dan bebas dari lalu lintas apapun. Jadi dengan leluasa kita belajar mobil gengs.

Sedikit flashback, dulu saya pribadi belajar nyetir mobil di lapangan terbuka gengs. Pandangan bebas, bebas hambatan apapun, sehingga sangat leluasa dalam belajar gengs. Mau bagaimanapun bebas, karena belajarnya di lapangan. Dan yang pasti harus serius dan totalitas saat belajar, sehingga belajar menjadi mudah dan menyenangkan.

Pertama-tama, kita perhatikan gambar system kunci kontak mobil:

Oke sekarang perhatikan gambar pedal gas (1), rem (2) dan kopling mobil gengs (3):

Kemudian perhatikan tuas transmisi mobil manual berikut ini:

Berikut ini langkah-langkah dalam belajar mengemudikan mobil transmisi manual:

  1. Masukkan kontak, sehingga berada di posisi “Lock”, kemudian putar ke posisi “ACC”, selanjutnya putar lagi ke posisi “ON”, terakhir putar ke posisi “Start” dengan menekan agak lama sehingga mesin mobil hidup.
  2. Langkah kedua, pastikan handbrake sudah diturunkan dan pastikan juga posisi gear atau transmisi ada di N.
  3. Injak pedal rem (menggunakan kaki kanan), guna menahan mobil agar tidak mengelinding atau berjalan sendiri yang disebabkan factor permukaan jalan. Kemudian injak penuh pedal kopling (menggunakan kaki kiri).
  4. Masukkan transmisi atau gear atau gigi “N” ke “1”, supaya transmisi dan mesin siap untuk jalan.
  5. Kemudian lepaskan pedal rem yang diinjak melalui kaki kanan, kemudian kaki kanan tersebut diangkat dan diposisikan di pedal gas. 
  6. Injak pedal gas perlahan (kaki kanan), kemudian lepas pedal kopling perlahan (kaki kiri). Kaki harus seirama dalam teknik ini.
  7. Untuk mengganti ke transmisi “2” dan seterusnya, maka injak pedal kopling perlahan, lepas pedal gas perlahan, kemudian masukkan pada gear 2. Setelah injak pedal gas perlahan, kemudian lepas pedal kopling perlahan. Teknik ini harus seirama pula, atau menjalankannya secara bersamaan namun dilakukan dengan sangat halus. Pada langkah ke 7 ini, bisa dilakukan untuk mengganti dari gear atas ke bawah (contoh gear 4 diturunkan ke gear 3 dan seterusnya).
  8. Untuk menghentikan laju kendaraan, silahkan lepas pedal gas secara perlahan. Kemudian injak pedal kopling perlahan, dan diikuti dengan menginjak pedal rem secara perlahan sehingga mobil berhenti dan posisi diam.

Secara teori, belajar mengendarai mobil sangat mudah gengs. Apalagi bila kamu melakukannya dan dipandu oleh pembimbing yang handal. Kamu bisa menjumpai pada kursus mobil gengs.

Kunci utama dalam belajar nyetir mobil, harus tenang gengs. Karena mobil itu tidak punya pikiran gengs, yang punya pikiran dan kendali penuh hanya kita sebagai pengemudi. Jadi mobil itu mengikuti apa yang kita perintahkan gengs. 

Masih banyak lagi tips dan cara bagi kamu yang hendak belajar nyetir mobil gengs. Namun bila kami tulis semua disini, takutnya kamu bosan yang mau baca gengs. Jadi meskioun sedikit, semoga bisa bermanfa’at bagi kita semua gengs.