Sekilas Tentang Alat Kesehatan Untuk Ruang NICU

alat kesehatan ruang nicu

NICU merupakan salah satu unit atau ruang yang terdapat di Rumah Sakit, khususnya rumah sakit setingkat RSUD atau Klinik Khusus Bersalin. Ap aitu ruang NICU. Neonatal Intensive Care Unit. Aatau ruang khusus untuk perawatan bayi yang baru lahir secara intensive. Secara prosedur ruangan ini hanya khsusu untuk pasien bayi baru lahir dengan kondisi tertentu sehingga mengharuskan ia dirawat di dalamnya.

Untuk menunjang proses perawatan, tentu saja ruangan ini harus di bekali dengan berbagai macam komponen penting dan khusus. Diantaranya adalah alat – alat kesehatan penunjang yang secara khusus diperuntukkan di dalam ruangan tersebut. Berikut ini beberapa contoh alat medis dan keterangananya.

Contoh Alat Kesehatan Ruang NICU

1# – Inkubator Bayi

Inkubator Bayi adalah salah satu alat medis yang secara khusus digunakan untuk pasien bayi. Tentu saja tidak semua pasien bayi. Hanya bayi – bayi tertentu yang kondisinya secara medis membutuhkan perawatan yang intensive. Itu sebabnya alat ini didesain secara khusus dilengkapi dengan berbagai macam komponen penunjang seperti pengatur suhu dan kelembaban, emergency oksigen dan alat bantu pernafasan, dan lain sebagainya.

2# – Infant Warmer

Selain Inkubator Bayi, ada juga alat lainnya yang juga dibutuhkan di ruang NICU. Infant Warmer, adalah alat medis yang digunakan untuk menghangatkan bayi baru lahir. Umumnya bayi ini mengalami Hipotermia, atau suhu tubuhnya belum bisa menyesuaikan dengan lingkungan sehingga bayi merasa kedinginan.

3# – Lampu Fototerapi

Lampu Fototerapi digunakan untuk memberikan terapi pada bayi yang mengalami gangguan atau gejala penyakit “Bayi Kuning”. Kulit dan mata bayi berwarna kuning karena mengalami kelebihan kadar bilirubin. Penyakit ini umumnya diderita pada pasien bayi prematur, karena fungsi hati belum sempurna. Lampu ini berfungsi untuk membantu memecah bilirubin dalam darah agar tidak terjai kelebihan.

4# – Baby Puff atau Neopuff

Alat ini termasuk alat Emergency yang terdapat di dalam ruangan NICU. Neopuff adalah sebuah alat bantu pernafasan khusus yang digunakan untuk membantu mengatasi gangguan pernafasan yang terjadi pada bayi. Neopuff atau juga dikenal dengan nama Baby Puff hampir mirip dengan alat ventilator mekanik yang umumnya sebagai alat bantu pernafasan pada orang dewasa.

5# – Infant Bed

Infant Bed adalah alat penunjang dari sisi alat Non Medis (hospital furniture). Alat ini berfungsi sebagai bed atau ranjang pasien yang didesain khusus untuk bayi. Biasanya diseuaikan dengan kondisinya. Ketika bayi sudah dapat dirawat secara umum tanpa bantuan alat lain, maka bed atau ranjang bayi ini cukup sederhana.

Itulah beberapa contoh alat – alat medis yang terdapat di ruang NICU. Tentu saja ada banyak alat – alat medis lainnya yang berda dan digunakan di dalam ruangan ini. Untuk anda yang sedang membutuhkan alat – alat khusus ruang NICU, atau anda akan membuat klinik khusus bersalin, anda bisa kunjungi kami toko inkubator bayi terlengkap dengan berbagai macam produk khusus dan umum untuk ruang NICU dan klinik ibu dan anak. Langsung ke website www.pusatinkubatorbayi.com.