7 Rahasia Belajar Ujian Secara Kilat

seorang anak sedang belajar ujian

Artikel ini berisi cara belajar ujian secara kilat, cocok banget buat kamu yang akan menghadapi ujian dadakan. Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

Siapa di sini yang masih sering belajar menggunakan SKS (sistem kebut semalam)? Kebanyakan dari pelajar dan mahasiswa pasti menggunakan cara ini. Memang betul the power of kepepet bisa diandalkan, tapi tidak bisa untuk digunakan jangka panjang. Karena, kamu menggunakan sistem menghafal kilat yang tentunya materi tersebut juga akan tersimpan hanya dalam jangka waktu yang kilat di memori kamu. Lalu, apa yang harus dilakukan kalau ada ujian mendadak tapi belum sempat belajar lagi? Tenang, aku punya cara belajar kilat untuk ujian yang bisa kamu ikuti. Perhatikan baik-baik ya!

seorang anak sedang belajar ujian

Siap belajar kilat untuk ujian (photo by olia danilevich from pexels)

  • Buka catatan tentang materi yang akan diujikan

Kalau kamu rajin mencatat materi yang sudah dipelajari, tentu kamu tidak akan kesulitan lagi untuk mempraktikkan belajar kilat ini. Kamu tinggal membuka catatan yang lalu dan pelajari deh. Tambahkan catatan penting juga kalau kamu mendapatkan sesuatu yang baru. Atau kamu juga bisa menulis ulang catatanmu. Dengan cara ini juga bisa membantumu menghafal pelajaran.

  • Perhatikan konsep penting saat belajar ujian, jangan menghafal semuanya!

Ini penting, guys! Kebanyakan dari kita akan menghafal setiap materi yang ada dalam powerpoint, buku pelajaran, atau catatan kita. Padahal yang perlu kita lakukan adalah mempelajari konsep pentingnya saja lho. Dengan kamu paham garis besar dari materi yang akan diujikan, maka kamu bisa dengan mudah melakukan improvisasi dalam menjawab soal ujian.

  • Pikirkan pertanyaan yang mungkin muncul

Kamu juga bisa mencoba merumuskan atau membuat kisi-kisi pertanyaan yang mungkin muncul dalam soal ujian. Setelah kamu membuat daftar pertanyaan yang mungkin muncul, cobalah kamu buat kerangka jawabannya.

  • Uji kemampuanmu saat belajar ujian

Setelah kamu mempelajari materi yang akan diujikan, ada baiknya untuk menguji sejauh mana kemampuanmu dalam memahami materi tersebut. Caranya bagaimana? Cari latihan soal di buku atau internet, kemudian kamu coba kerjakan dan lihat apakah jawabanmu sudah benar atau belum. Kalau belum benar, coba kamu cari tahu jawaban apa sih yang benar dari pertanyaan seperti itu. Dengan sering berlatih, kamu akan lebih siap dalam menghadapi ujian yang super mendadak.

  • Gunakan ‘jembatan keledai’ untuk menghafal materi yang sulit

Jembatan keledai atau mnemonic device adalah istilah keren yang digunakan dalam membantu mengingat sesuatu. Ini adalah salah satu cara belajar kiat untuk ujian yang bisa kamu coba. Misalnya, kamu harus menghafal 7 warna pelangi, untuk memudahkannya kamu hanya perlu menghafal “mejikuhibiniu” yang merupakan akronim dari warna-warna pelangi. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan campuran warna dalam buku catatanmu supaya memudahkan kamu dalam menghafal sebuah materi.

  • Fokus belajar dan singkirkan hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasimu

Sebelum belajar, pastikan kamu sudah menyingkirkan hal-hal yang bisa mengganggu konsentrasi belajarmu, misalnya gadget kecuali kamu belajar menggunakan aplikasi bimbel online. Carilah tempat yang nyaman dan jauh dari keramaian. 

  • Belajar ujian bersama teman, why not?

Belajar dengan teman bisa membuatmu semakin efektif lho dalam memahami materi yang akan diujikan. Tentunya teman yang bisa diajak kerjasama untuk fokus belajar ya. Kalau ada materi yang kamu masih bingung, kamu bisa tanyakan ke temanmu. Selain itu, kamu dan temanmu bisa saling melempar pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diujikan.

Itu dia cara belajar kilat untuk ujian yang bisa kamu ikuti. Tapi, hindari SKS ya, karena itu merupakan cara yang kurang efektif untuk jangka panjang. Sudah siap menghadapi ujian besok? Semangat belajarnya ya!