Tata Cara Merawat Guinea Pig Yang Benar dan Baik

cara merawat guinea pig

Hewan ini juga sangat lucu tetapi ada yang harus dingat bahwa merawat hewan ini tidak mudah ada cara tersendiri agar tetap sehat dan aktif.Berikut Cara merawat guinea pig.

Tata Cara Merawat Guinea Pig Yang Benar dan Baik

cara merawat guinea  pig

Cara Merawat Guinea Pig

1. Suka berkawan

Guinea pig merupakan seekor hewan yang pandai untuk bersosialisasi. Hewan yang satu ini akan lebih bahagia bila jika dipelihara dengan guinea pig yang lainnya.

Pastikan bahwa kedua hewan ini memiliki jenis kelamin yang sama dan juga setidaknya satu jenis kelamin yang telah dikebiri. Jangan pernah untuk memelihara guinea pig dan kelinci secara bersamaan, karena kelinci dapat menularkan sebuah penyakit.

2. Kenali jenis makanan

Guinea pig merupakan hewan yang herbivora, suka memakan daun atau tumbuh-tumbuhan, seperti sayur brokoli, kubis dan seledri. Memberi pakan pada hewan satu ini harus konsisten.

Jangan pernah memberi makan guinea pig biskuit, roti dan juga kacang mentah, karena mengakibatkan gangguan pada pencernaan. Jangan lupa untuk memberi zat vitamin C dan juga pelet yang berkualitas tinggi agar lebih sehat.

3. Siapkan kandang

Kandang guinea pig harus dengan berukuran 1 x 0,7 meter, dan tinggi 0,7 meter. Lapisi bagian kandang dengan koran dan juga jerami rumput lembut untuk memberi bantalan dan mecegah cedera kaki pada hewan. Simpan kandang pada area yang berventilasi baik, antara suhu 18–26 Celcius, dan jauhkan dari jangkauan sinar matahari langsung.

Baca Juga:Mesin Pencacah Rumput

 

4. cara Merawat Geunia Pig dan Pembersihan perawatan bulu

Perawatan bagian bulu guinea pig sangat penting apabila sudah bulu sudah agak panjang, yakni dengan cara rajin menyisir pada bagian bulu supaya tidak tampak kusut. Pembersihan secara teratur juga akan membantu membangun sebuah kepercayaan pada dirinya untuk menjadi ramah dan mudah untuk bergaul.

5. Bersihkan kandang

Kesehatan pada hewan guinea pig sangat penting untuk dijaga. Sebut saja dengan membersihkan bagian dalam kandang dan memberi makan yang baik dapat membantu dapat mencegah masalah kesehatan yang umum, termasuk adanya infeksi pernapasan dan masalah kulit. Anda juga bisa memberi guinea pig dengan kayu untuk mengunyah yang terbuat dari kayu yang mentah untuk mengikis bagian giginya.

6. Hati-hati dengan kutu

Guinea pig membutuhkan sebuah perawatan yang tambahan, menyiapkan area yang luas serta berumput untuk berolahraga agar hewan peliharaan ini bisa sehat. Guinea pig sangat rentan terhadap penyakit kutu, menjaga kesehatan pada bagian bulu yang ekstra dengan cara memandikannya. Sebelum merawat hewan ini sebaiknya bicara dengan dokter hewan tentang perawatan penyakit kutu yang tepat jika diperlukan.

7.Masa hidupnya bisa berkisar 5 hingga 7 tahun

Untuk merawat seekor guinea pig kamu setidaknya harus membentuk komitmen yang sangat kuat sebab masa hidup mereka terbilang lumayan lama, sekitar 5 sampai 7 tahun. Bila anda mengadopsinya sejak masih bayi maka dalam waktu yang beberapa tahun ke depan kalian harus merawatnya dengan cara yang benar.

8. Cara Merawat Geunia Pig dan Makanan yang perlu disediakan

Guinea pig pada dasarnya adalah hewan cara makan herbivora yang menyukai berbagai ragam atau ragam buah dan sayuran. Pilihan makanan yang bisa disediakan antara lain yaitu buah pisang, tomat, atau makanan hewan khusus yang untuk guinea pig. Ada beberapa jenis makanan yang bisa akan membahayakan kesehatan dari guinea pig, seperti buah alpukat, kelapa dan anggur.

9. Hewan sosial yang suka hidup bersama sejenisnya

Jika kamu butuh hewan untuk peliharaan yang lebih dari satu maka anda berbahagialah. Guinea pig adalah hewan yang sosial yang suka hidup bersama dengan sejenisnya. Kamu bisa memelihara mereka secara dengan sepasang atau dengan kelamin yang sama jika tidak ingin membuatnya untuk berkembang biak.

Baca Juga:Cara Merawat Marmut

10. Bisa sesekali mengeluarkan suara yang keras

Seperti hewan yang lainnya bersuara demi mendapatkan perhatian, guinea pig pun bisa mengeluarkan sebuah bunyi seperti decitan yang memiliki banyak bagian arti. Jika masih dalam volume yang masih normal dan tidak terlalu kencang artinya mereka sedang merasa bahagia atau senang. Namun jika suaranya cukup keras artinya ada sesuatu yang salah terjadi pada diri mereka bahkan sekitar mereka.

11. Cara Merawat Geunia Pig dan Tempat ideal untuk memelihara guinea pig

Meskipun badannya itu terbilang mini alias kecil tapi guinea pig butuh tempat tinggal yang cukup luas agar mereka dapat bebas bergerak. Ketimbang dengan membeli kandang yang biasanya hanya berukuran 80×50 cm, lebih baik gunakan akuarium yang berukuran kurang lebih 1×1 meter.

Mungkin itu yang bisa disampaikan informasi tentang cara merawat guinea pig, semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan Terimakasih.