Berikut Ini Cara Merawat Bayi Marmut Agar Tumbuh Besar dan Sehat

cara merawat bayi marmut

Assalamualaikum Wr. Wb. kali ini saya akan menjelaskan tentang cara merawat bayi marmut. Marmut adalah hewan yang lucu dan indah untuk dipelihara. Baik anda membeli marmut di toko hewan peliharaan setempat atau memiliki marmut betina di rumah anda yang baru saja melahirkan, Anda perlu mengetahui apa yang diperlukan untuk merawat marmut.

Cara Merawat Bayi Marmut

cara merawat bayi marmut

Berikut ini cara merawat bayi marmut :

Pegang Anak Marmut Sesering Mungkin

Marmut anda harus dipegang sesering mungkin agar ia merasa nyaman dengan interaksi manusia. Semakin nyaman bayi marmut anda dengan manusia, maka akan semakin mudah bersosialisasi sehingga marmut ini bisa menjadi hewan peliharaan yang lebih baik. Induk marmut tidak akan menolak bayinya jika anda menggendongnya, tetapi akan membutuhkan waktu untuk menyelesaikan proses kelahiran sebelum bayi dapat digendong.

Tentukan Jenis Kelamin

Jika anda membeli di toko hewan peliharaan setempat, anda mungkin tidak perlu menentukan sendiri jenis kelamin marmut anda. Jika marmut induk anda sedang melahirkan, anda dapat mencoba menentukan jenis kelamin marmut segera setelah lahir. Marmut betina memiliki benjolan yang agak mirip beras di alat kelaminnya. Marmut jantan memiliki “cincin putih” di sekitar area pribadinya.

Pisahkan Marmut Jantan Dengan Betina

Jika perlu, marmut jantan harus dipisahkan dari saudara perempuan dan induknya dan dipindahkan ke kandang lain ketika marmut sudah dewasa secara seksual, yaitu sekitar 3 hingga 4 minggu. Pemisahan ini berguna untuk menghindari kehamilan yang tidak direncanakan.

Pemberian Pakan Yang Benar

Marmut biasanya memakan makanan yang sama dengan marmut dewasa, jadi anda tidak perlu spesifik khusus marmut. Kecuali jika marmut anda membutuhkan kalsium ekstra dalam beberapa minggu pertama kehidupan anda. Kalsium ekstra ini akan membuat tulang tumbuh dengan baik. Bisa juga memberikannya rumput dan sayur-sayuran.

Cara Memberi Makan Yang Benar

Beri makan bayi marmut anda dua kali sehari dengan memasukkan sedikit makanan ke dalam mangkuk yang kokoh. Buang sisa pakan agar pakan marmut tidak membusuk. Bayi marmut juga membutuhkan air terus-menerus. Isi botol air marmut sesuai kebutuhan dan bersihkan seminggu sekali dengan air sabun hangat.

Jika masih bersama induknya, marmut akan mulai menyusui sekitar 24 jam setelah lahir dan akan terus menyusui selama sekitar tiga minggu (sebelum dewasa secara seksual). Marmut akan menyusu beberapa hari setelah induknya lahir dan kemudian beralih ke makanan padat dan mengikuti cara makan induknya.

Awasi Terhadap Penyakit

Bayi marmut sangat rentan terhadap berbagai jenis penyakit, seperti stres karena panas, infeksi kaki dan pneumonia. Karena marmut membutuhkan banyak vitamin C dalam pakannya, kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan penyakit yang disebut penyakit scury. Gejala penyakit scury adalah persendian bengkak dan nyeri, kehilangan nafsu makan dan malas bergerak.

Ganti Alat Secara Teratur

Alas yang ideal untuk kandang bati marmut terdiri dari koran sobek atau bubur kayu yang tebalnya beberapa sentimeter. Karpet ini bisa cepat kotor karena sisa pakan dan kotoran marmut. Karpet juga bisa basah karena air yang menetes dari botol minum. Ganti tempat tidur dua kali seminggu untuk menjaga kebersihan kandang marmut.

Sediakan Mainan

Sama seperti marmot dewasa, marmot juga suka bermain. Mainan yang disukai marmut adalah terowongan dan jalan masuk (jika Anda memiliki kandang tupai). Mainan dapat dibeli di toko hewan peliharaan setempat, atauanda dapat membuat mainan marmut sendiri dari barang-barang seperti kotak sepatu bekas, kotak susu kosong, dan gulungan kertas toilet.

Tips Merawat Bayi Marmut

cara merawat bayi marmut

  • Jika anda menyisir marmut dengan sikat gigi kecil sambil memegangnya,  bisa membuat lebih nyaman berinteraksi dengan manusia.
  • Bawa marmot anda ke dokter hewan yang ahli dalam merawat hewan kecil seperti marmut dan hamster.
  • Setelah dibiakkan, marmut harus diperiksa oleh dokter hewan setahun sekali.
  • Bayi marmut adalah hewan yang sangat pemilih dalam hal makanan. Jika anda memperkenalkan marmut pada berbagai jenis makanan, itu akan menjaga makanan marmot anda tetap sehat saat mereka tumbuh dewasa.
  • Biarkan marmut setidaknya beberapa jam sebelum lahir, karena marmut harus dibersihkan dan disusui oleh induknya.
  • Jangan memandikan marmut terlalu sering karena dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Baca juga : Cara bikin puding roti tawar kukus

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel saya tentang cara merawat bayi marmut bermanfaat.

Terima kasih:)