Cara Membuat Milk Foam Untuk Latte Art yang Mudah Untuk Dicoba

cara membuat milk foam
Assalamualakum Wr. Wb. saya akan membahas tentang cara membuat milk foam. Namun, sebelum berfokus pada percakapan, kita perlu membahas beberapa ulasan. Berikut penjelasan dari latte dan resep membuat foam susu untuk latte art.

Latte

cara membuat milk foam

Saat anda ingin memesan kopi dengan susu di kedai kopi ala Italia, salah satu pilihan favorit masyarakat Indonesia adalah caffeine latte atau cappuccino. Namun pada akhirnya mereka berdua meminum ramuan tersebut, ada kesalahpahaman umum di Indonesia. Kafe latte adalah kopi espresso yang mengandung susu. Cara membuat kafein latte lebih rumit daripada cappuccino.

Menurut barista dari Italia Eduardo Vastolo, orang Indonesia sering kali hanya mengatakan “latte” saat memesan kopi ini. Hal ini dipengaruhi oleh kebiasaan dalam minum kopi di Amerika Serikat. Jika Anda ingin secangkir kopi yang dicampur dengan susu, maka dapatkan kafein latte, bukan hanya latte. Jika anda memiliki mesin pembuat kopi, anda juga bisa memanfaatkannya.

Cara Membuat Milk Foam Untuk Latte Art

cara membuat milk foam

  1. Pertama-tama isilah toples dengan susu yang sudah anda sediakan.
  2. Sisakan ruang dalam toples, dan isi susu jangan terlalu penuh.
  3. Kemudian, tutuplah toples, lalu kocok toples sampai susu mengeluarkan busa.
  4. Setelah itu buka tutupan toples, kemudian masukkan toples ke dalam microwave kira-kira 30 detik.
  5. Maka akan foam akan naik ke atas sedikit melebihi toples, dan panas yang sidapat dari microwave akan membuatnya menjadi stabil.
  6. Setelah itu tungkan foam susu yang sudah jadi ke dalam kopimu dengan menggunakan sendok secara perlahan.
  7. Anda juga bisa menggunakan mesin pembuat kopi yang dapat digunakan untuk membuat cappuccino ya tentunya akan lebih baik lagi, karena milk foam yang kamu buat akan lebih sempurna lagi.

Anyway, dengan anda memiliki cara membuat foam susu, jangan sekali-kali anda meremehkan jenis susu yang akan anda gunakan saat membuat foam susu, karena ini dapat mempengaruhi berdampak besar pada hasil akhir:

  1. Susu tanpa lemak: Susu tanpa lemak merupakan susu paling cukup mudah dibuat foam, tetapi rasanya dari susu sangat tidak enak jika anda mencampurnya dengan kopi.
  2. Susu rendah lemak: Susu rendah lemak merupakan jenis susu ini terlihat paling sempurna untuk membuat foam yang baik, karena mudah berbusa, rendah lemak tetap membuat kopi bisa terasa lebih enak dari pada jenis pertama di atas. .
  3. Susu murni atau whole milk : Jika anda seorang pemula, membuat foam dengan menggunakan susu jenis ini benar-benar sebuah tantangan, tetapi rasanya paling enak dibandingkan dengan jenis susu lainnya karena mengandung lemak paling banyak.

Orang Italia biasanya membuat foam Italia yang terbuat dari susu, dan dia akan bingung jika mendapatkan susu rendah lemak yang bisa digunakan dalam kopi. Tentu saja membuat foam susu dengan cara ini, tidak bisa hanya dibuat di rumah saja. Namun Anda juga bisa melakukannya saat berada di kantor.

Sebagai penutup, kecuali anda harus ingat bahwa kandungan lemak dalam susu lebih tinggi, busanya akan lebih baik. Semakin segar dan dingin susu yang digunakan, semakin bagus busa akhirnya dan tentunya latte akan semakin nikmat.

Baca juga : Cara Membuat Bunga dari Plastik Untuk Pemula Terbaru 2021!!!

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel saya tentang cara membuat milk foam bermanfaat dan menjadi referensi buat anda. Jangan lupa untuk membaca artikel lainny di rumahmesin.com. Selamat mencoba…

Terima kasih:)