Cara Membuat Milk Foam

cara membuat milk foam

Apa itu Busa Susu?Cara Membuat Milk Foam

Cara Membuat Milk Foam – Topi biasanya merupakan identitas. Tidak hanya bangsawan Inggris, fanatik topi muda, atau orang tua pecinta topi, tetapi juga berapa banyak minuman kopi, seperti cappuccino, latte, macchiato, mocha, atau latte, juga harus memakai “topi” saat mengenakan selesai.

Dan topi yang mereka kenakan memiliki nama yang sama: busa susu atau milk foam. Tanpa buih susu, cappuccino, misalnya, bukanlah cappuccino. Dan tanpa busa susu, Anda tidak bisa membuat seni latte.

Membuat espresso sendiri di rumah mungkin bukan masalah besar bagi kita yang memiliki mesin espresso di rumah, namun bagaimana jika sesekali kita ingin menikmati cappucino di rumah? Ada berbagai resep cara membuat es kopi kekinian di rumah ala fossilflowers.org yang bisa kamu coba praktikkan.

Anda bisa, meskipun mungkin sedikit lebih rumit. Untuk itu, yang kita butuhkan hanyalah susu segar, toples kecil dengan penutup, dan microwave. Tentu saja, hasilnya tidak akan sesempurna dengan busa susu buatan mesin, tetapi ada sesuatu yang selalu lebih baik daripada tidak sama sekali, bukan?

  1. Cara mengisi toples dengan susu. Jangan terlalu penuh dan sisakan ruang di dalam toples untuk busa yang akan muncul nanti.
  2. Kemudian tutup dan kocok kendi yang telah diisi susu beberapa saat sampai susu berbusa.
  3. Buka tutupnya dan masukkan ke dalam microwave kurang lebih selama setengah menit. Busa akan naik ke permukaan dan panas dari microwave akan menstabilkannya.
  4. Tuang susu ke dalam kopi Anda dengan sendok.

Nyaman dan mudah bukan? Apakah saya masih bingung? Susu bergolak setelah dikeluarkan dari microwave. Menurut Kopling, jika takut panas, tidak ada salahnya mengocoknya terlebih dahulu.

Tetapi jika Anda memiliki mesin untuk membuat cappuccino, lebih baik lagi, karena busa susu Anda akan lebih sempurna.

Jenis Susu yang Bagus Untuk Milk Foam

Tidak peduli bagaimana Anda membuat busa susu, jangan pernah meremehkan jenis susu yang akan Anda gunakan untuk membuat busa susu, karena sangat berpengaruh pada hasil akhir:

  1. Susu skim. Paling mudah berbusa, tetapi rasanya tidak enak jika dipadukan dengan kopi.
  2. Susu rendah lemak. Nah, ini sepertinya yang paling sempurna untuk berbusa, karena selalu mudah berbusa, masih mengandung lemak, yang membuat rasa kopi kita lebih enak dari opsi pertama di atas.
  3. Susu murni. Jika Anda seorang pemula, berbusa jenis susu ini merupakan tantangan nyata, tetapi rasanya lebih enak karena memiliki jumlah lemak tertinggi.

Orang Italia selalu membuat buih susu utuh dan akan mengerutkan kening jika kami meminta susu rendah lemak untuk kopi kami.

4 Cara Membuat Milk Foam yang Bisa Kamu Coba Di RumahCara Membuat Milk Foam

Beberapa cara bikin milk foam di bawah ini juga dapat menggunakan bantuan mesin pembuat kopi.

1. Milk frother

Berbentuk seperti tongkat, biasanya terdapat tombol untuk mengaktifkan alat putar di bagian bawah yang berguna untuk mengaduk susu. Tuang susu ke dalam gelas, sebaiknya jangan terlalu penuh agar tidak tumpah.

Tambahkan milk frother, tepat di bawah permukaan susu. Nyalakan saja milk frothernya. Atur posisi milk frother agar susu tidak tumpah dan busa terbentuk dengan benar.

2. French press

French press umumnya digunakan untuk membuat kopi. Selain itu, alat ini juga dapat digunakan untuk menghasilkan busa susu. Caranya, masukkan susu ke dalam French press, jangan sampai terlalu penuh.

Tutup dan gerakkan plunger ke atas dan ke bawah dengan gerakan yang cukup cepat. Lakukan sampai terbentuk buih susu.

3. Shaker

Anda juga bisa menggunakan pengaduk, ada yang terbuat dari stainless steel dan plastik. Masukkan saja susu ke dalam shaker, tambahkan es batu secukupnya. Kocok sampai busa muncul.

4. Balloon whisk

Tidak memiliki peralatan yang biasa di kafe? Jangan khawatir, pergilah ke dapur. Siapa tahu ada pengocok balon yang juga dikenal sebagai pengocok telur manual. Alat pembuat kue yang biasa digunakan juga berguna untuk membuat buih susu. Kocok susu selama sekitar 5 menit.

Pembusaan susu dengan cara ini tentunya tidak hanya bisa dilakukan di rumah. Bahkan Anda juga bisa melakukannya saat berada di kantor. Sangat praktis bukan?

Terakhir, harus juga diingat bahwa semakin tinggi kandungan lemak dalam susu, semakin baik bentuk busanya, untuk berbusa susu dengan cara ini Anda juga harus memperhatikan suhu susu yang akan digunakan.

Semakin segar dan dingin susu, semakin baik busa akhir dan tentu saja cappuccino Anda akan terasa lebih enak.

Itulah beberapa cara membuat milk foam, semoga berhasil! Kamu bisa mendapatkan beragam koleksi mesin yang sangat membantu kegiatanmu di Rumah Mesin.