Contoh Daur Ulang Sampah Plastik Mudah & Bermanfaat

Tahukah kamu apa saja contoh daur ulang sampah plastik? Nah kali ini mimin akan membahas mengenai contoh daur ulang sampah plastik yang mudah dan bermanfaat. Penasara bukan? Yuk simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Sampah plastik menjadi fokus utama yang harus dibenahi secara global dan tentunya diperlukan pengolahan sampah plastik yang baik untuk mengurangi jumlah persebaran sampah di dunia.

Studi dari jurnal Science, menyebutkan bahwa ada 24-34 juta metrik ton sampah plastik yang masuk ke lingkungan laut setiap tahun yang berarti sekitar 11% dari total sampah plastik di dunia.

Sampah plastik sendiri memiliki berbagai permasalahan yang perlu ditanggulangi selain volumenya yang besar yaitu waktu penguraian yang sangat lama. Dibutuhkan setidaknya 60 hingga 70 tahun agar plastik benar-benar terurai.

Namun dampaknya tidak sampai di situ saja karena masih banyak kekurangan yang bisa dilihat dari segi ekosistemnya. Plastik yang terurai juga menghasilkan mikroplastik untuk hewan terdekat seperti ikan dan kerang.

Tak heran jika metode 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dikampanyekan agar ada pemanfaatan sampah plastik yang sempurna. Mendaur ulang atau mendaur ulang sampah untuk memberikan nilai ekonomis merupakan hal yang sering dilakukan dengan berbagai kebutuhan.

Terlepas dari tingkat perusahaan yang membuat sampah plastik dengan metode Reuse untuk mengubahnya menjadi sampah plastik. Daur ulang sebenarnya bisa dilakukan oleh semua lapisan masyarakat, seperti membuat pengolahan yang bermanfaat.

Yuk Simak Contoh Daur Ulang Sampah Plastik Yang Unik dan Kreatif

contoh daur ulang sampah plastik

Berikut 10 contoh daur ulang sampah plastik yang bermanfaat dan dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Pot Tanaman Besar

Salah satu hal yang dapat dimanfaatkan dari sampah plastik adalah pot tanaman berukuran besar yang digunakan dengan sisa galon yang tidak terpakai. Ada juga banyak tanaman yang bisa digunakan sebagai media tanam.

Tanaman sendiri dapat tumbuh dengan baik pada tanaman pot berukuran besar yang terbuat dari plastik karena mampu menjaga lingkungan dan sangat tahan lama mengingat sulit terurai.

2. Jadilah Mainan

Tidak hanya barang yang memberikan nilai, mainan juga bisa diproduksi melalui mainan. Padahal, mainan yang terbuat dari bahan plastik bisa bermacam-macam bentuknya atau sekadar diaplikasikan.

Kreasi dari bahan plastik seperti helikopter atau robot bisa menjadi alternatif dibandingkan menjadikan bahan plastik bekas sebagai produk yang tidak bisa digunakan. Mainan berbahan plastik juga bisa menjadi wadah kreativitas.

Tak heran jika Anda membuat barang seperti ini untuk meningkatkan kedekatan dengan anak atau kerabat, terutama saat proses pembuatan mainan.

3. Tempat Pensil atau Pena

Tak terbatas pada mainan, bagian botol plastik bekas bisa digunakan untuk kreasi lain, yakni tempat pensil atau pulpen. Kebutuhan ini dapat menjadi motivasi bagi anak untuk belajar.

Apalagi dengan membuat tempat pensil atau pulpen dengan dekorasi yang menarik agar anak selalu memiliki momen spesial saat belajar di kamar atau rumahnya.

4. Lampu Hias | Contoh Daur Ulang Sampah Plastik

Barang yang satu ini bisa menjadi seni terapan yang menguntungkan, apalagi dengan menggunakan kreativitas pembuatnya. Botol plastik yang berukuran besar atau agak lebar bisa digunakan sebagai hiasan lampu.

Lampu hias juga bisa menghasilkan warna yang beragam tergantung dari penutup botol plastik yang digunakan dan tentunya akan sangat menarik jika dinyalakan pada malam hari.

5. Kasing Aksesoris

Asesoris juga dapat ditempatkan melalui wadah plastik bekas. Kegunaan ini terutama berguna jika Anda memiliki banyak aksesoris kecil yang rawan hilang saat diletakkan di tempat yang tidak istimewa.

Berbagai macam aksesoris seperti gelang, kalung, cincin, anting-anting, dan lain-lain dapat dibuat menjadi wadah khusus melalui pembuatan botol plastik daur ulang.

6. Pot Taman Vertikal

Pot juga bisa dipajang di dinding, tidak hanya datar atau tanah. Padahal, pot taman vertikal memiliki nilai lebih karena penampilannya yang sangat unik bila ditempatkan dengan sangat baik.

Pot vertikal juga bisa digunakan untuk menjaga tanaman agar tidak terinjak atau tidak sengaja dipindahkan. Ada juga berbagai tanaman yang memang direkomendasikan untuk ditanam gantung, seperti tanaman merambat.

7. Tas Belanja | Contoh Daur Ulang Sampah Plastik

Sampah plastik bekas juga bisa dimanfaatkan untuk membuat tas anyaman sebagai tas belanja. Tak heran jika kekuatan sampah plastik awet bisa berumur panjang karena bahan ini juga sulit terurai.

8. Dompet Kecil

Bahan plastik yang tahan lama dan sangat sulit terurai juga bisa dibuat untuk membuat dompet. Ukuran dompet yang kecil sendiri bisa digunakan saat akan berbelanja ke tempat yang tidak jauh.

9. Celengan Anak | Contoh Daur Ulang Sampah Plastik

Celengan anak juga bisa dibuat melalui pembuatan sampah plastik dengan memanfaatkan botol plastik bekas. Bahkan, membuka tabungan juga sangat mudah dengan menggunakan tutup botol yang bisa dilepas.

10. Pot Tanaman Gantung

Tanaman gantung yang bisa diletakkan di atap rumah bisa menjadi alternatif pot lain jika pembuatan pot besar atau vertikal saja belum cukup.

Banyak juga kebutuhan tanaman gantung yang sangat bagus untuk mempertahankan umur tanaman lebih lama dan digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Demikian beberapa contoh daur ulang sampah plastik. Mudah dan menarik bukan? Tentunya kalian dapat mencoba membuatnya dirumah, karena bahan-bahan yang digunakan cukup mudah ditemukan. Selamat mencoba yaa.. Semoga berhasi.. See you ^^