Resep Nugget Ayam, Menu Makanan Praktis yang Lebih Sehat

Resep Nugget Ayam, Menu Makanan Praktis yang Lebih Sehat
fossilflowers.org – Nugget ayam tak jarang dijadikan sebagai menu pilihan praktis ketika ingin membawa bekal. Hal itu karena nugget dapat dengan mudah ditemukan di pasaran, mulai di minimarket hingga supermarket. Penyajiannya pun tergolong mudah, cukup goreng sebentar maka nugget sudah bisa untuk disajikan.
Namun, jika membelinya di luar, harga yang diberikan untuk satu pak nugget ayam tergolong cukup mahal dan jumlah yang didapatkan pun terbilang sedikit. Maka dari itu, tidak jarang Anda atau anggota keluarga harus mengirit ketika ingin menikmati makanan yang satu ini. Bukan itu saja, kesehatan dan kebersihan dari bahan serta alat yang dipakai pun perlu untuk diperhatikan.

Resep Nugget Ayam

Untuk membuatnya pun, tidak terlalu sulit. Anda dapat mengikuti resep nugget ayam di bawah ini yang dikutip dari buku Superbook for Supermom. Pastikan untuk mengikuti resepnya dengan baik dan benar, ya!
Di bawah ini adalah resep nugget ayam ala rumahan yang mudah untuk dibuat. #userstory

Bahan-bahan

  • 250 gram daging ayam tanpa tulang, giling halus
  • 4 lembar roti gandum, cacah halus
  • 1 butir telur ayam, untuk adonan
  • 1 sdm tepung maizena
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • Sedikit merica bubuk
  • Garam secukupnya
  • Tepung terigu secukupnya, sebagai pelapis
  • Telur kocok, untuk pelapis
  • Tepung roti, untuk pelapis

Langkah-langkah

  1. Siapkan semua bahan yang akan digunakan untuk membuat nugget ayam. Kemudian, siapkan wadah. Campurkan daging ayam giling dengan roti gandum, telur ayam, tepung maizena, bawang putih halus, merica, dan garam.
  2. Setelah itu, aduk semua bahan tersebut hingga tercampur dengan rata. Jika sudah, siapkan loyang dan masukkan adonan nugget ke dalam loyang. Ratakan adonan hingga ketebalannya mencapai 1 cm.
  3. Siapkan dan panaskan kukusan. Taruh loyang berisi adonan nugget ke dalam kukusan. Kukus adonan nugget hingga matang. Jika sudah matang, angkat dan biarkan hingga dingin terlebih dahulu.
  4. Keluarkan nugget yang sudah dikukus dari loyang. Potong-potong nugget sesuai dengan selera. Lumuri nugget dengan tepung terigu, lalu masukkan ke dalam wadah berisi telur kocok. Gulingkan nugget ke tepung roti. Lakukan berulang hingga seluruh nugget terproses.
  5. Nugget ayam telah selesai dibuat. Simpan nugget di dalam kulkas atau dapat langsung digoreng.
Nah, di atas merupakan resep nugget ayam rumahan yang mudah untuk Anda buat di rumah. Tidak sulit bukan untuk membuatnya sendiri di dapur Anda? Nah, sekarang Anda sudah bisa menyajikan nugget ayam tanpa harus membelinya lagi di luar.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *